Pabrik Nestle di Batang Operasi Awal 2023, Kurangi Impor dari Malaysia

Tia Dwitiani Komalasari
23 Desember 2022, 06:06
Presiden Direktur Nestle Indonesia, Ganesan Amplavanar, memberikan sambutan saat pertemuan dengan media di Kantor Nestle, Jakarta, Kamis (22/12).
Dokumentasi Nestle
Presiden Direktur Nestle Indonesia, Ganesan Amplavanar, memberikan sambutan saat pertemuan dengan media di Kantor Nestle, Jakarta, Kamis (22/12).

Nestle Indonesia akan mengoperasikan pabrik ke-4 di Indonesia pada Februari 2023. Pembangunan pabrik tersebut akan menambah kapasitas produksi pabrik Nestle di Indonesia sehingga bisa mengurangi produk impor dari Malaysia

Presiden Direktur Nestle Indonesia, Ganesan Amplavanar, mengatakan pabrik tersebut dibangun di Batang, Kendal, Jawa Tengah. Pabrik itu akan fokus membuat minuman kaleng produksi Nestle Indinesia.

Ganesan mengatakan bahwa pembangunan pabrik ini akan menambah kapasita produk buatan Indonesia yang dipasarkan di tanah air. Jika sebelumnya produk buatan Indonesia yang dipasarkan di dalam negeri mencapai 91 %, nantinya akan bertambah proporsinya menjadi 96%.

"Ini suatu kebanggan karena bisa memperluas produk buatan Indonesia. Jadi kita bisa kurangi impor dari Malaysia," ujar Ganesan di Jakarta, Kamis (22/12).

Selain itu, Ganesan mengatakan, pabrik tersebut akan membuat Indonesia menjadi pusat produksi Nestle di Asia Tenggara. Produksi pabrik tersebut juga rencananya akan diekspor.

Tantangan 2023

Ganesan mengatakan, Neste Indonesia masih percaya jika investasi jangka panjang di Indonesia akan memiliki prospek yang cerah. Namun dalam jangka pendek, industri makanan di Indonesia saat ini tengah menghadapi tantangan harga bahan baku yang tinggi dalam tiga hingga enam bulan ke depan.

"Biaya bahan baku pada 2022 jauh lebih tinggi dibandingkan 2021," ujarnya.

Dia menjelaskan Nestle tidak menghadapi kendala stok bahan baku seperti yang terjadi pada industri makanan dan minuman lain. Namun biaya bahan baku yang meningkat menjadi tantangan bagi industri mereka akhir-akhir ini.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...