Sejumlah Gerai BreadTalk Berganti Merek Jadi Mako, Ini 5 Faktanya

Tia Dwitiani Komalasari
28 Desember 2022, 14:06
Gerai Mako
Instagram Mako Cake and Bakery

Gerai Mako bermunculkan di beberapa pusat perbelanjaan yang ada di sejumlah kota. Hal itu mengundang rasa penasaran publik karena sebagian besar gerai Mako tersebut berdiri di bekas toko BreadTalk.

Sejumlah gerai Mako yang menggantikan BreadTalk tersebut misalnya ada di Blok M Plaza Jakarta, Gandaria City Jakarta, dan Villa Melati Mas Tagerang Selatan. 

Fenomena itu menimbulkan isu yang ramai di media sosial bahwa BreadTalk telah berganti nama menjadi Mako. Katadata.co.id, telah berupaya mengkonfirmasi isu tersebut, namun sayangnya belum mendapatkan tanggapan. Namun demikian, Katadata.co.id telah mengumpulkan lima fakta terpilih mengenai kedua merek tersebut.

Berikut lima fakta mengenai merek Mako dan BreadTalk:

1. Berbeda perusahaan

Berdasarkan informasi yang diterima Katadata.co.id, Mako dan Breadtalk dikelola oleh dua perusahaan yang berbeda.

BreadTalk Indonesia dikelola oleh PT Talkindo Selaksa Anugrah. Perusahaan ini merupakan bagian dari Johnny Andrean Group yang mengelola sejumlah merek Food and Beverage seperti BreadTalk, Jco, dan Roppan.

Sementara Mako dikelola oleh PT Mako Anugerah Kreasindo. Perusahaan yang juga berada di bawah naungan Johnny Andrean Group tersebut pertama kalinya membuka gerai di Jalan Merdeka, Bandung pada 4 Desember 2020.

2. Merek BreadTalk berasal dari Singapura

Dikutip dari www.breadtalk.com, merek toko bakery and cake tersebut berasal dari Singapura. Gerai BreadTalk pertama dibuka di Bugis Junction, Singapura pada Juli 2000.

Dengan demikian, PT Talkindo Selaksa Anugrah  hanya memegang lisensi pemasaran saja di Indonesia. Hal itu berbeda dengan Jco yang benar-benar merupakan hasil kreasi dari Johnny Andrean.

3. Mako dan BreadTalk menjual produk serupa

Baik Bread Talk maupun Mako sama-sama menjual cake and bakery. Hanya saja Mako lebih mengidentikkan tokonya sebagai penjual bakery and pastry yang terinspirasi dari Jepang.

"Mako adalah toko roti baru yang terinspirasi dari Jepang. Produk kami diciptakan untuk memiliki kualitas dan rasa yang tinggi. Menggunakan bahan alami premium dengan resep tradisional dan kontrol kualitas yang ketat, produk kami bergizi secara sehat dan memiliki kualitas yang konsisten," tulis keterangan yang dikutip dari makobakery.com.

4. Banyak Gerai BreadTalk masih beroperasi

Meksipun sudah banyak gerai yang berganti merek menjadi Mako, namun banyak toko Breadtalk masih beroperasi seperti di Senayan City dan Bintaro Jaya XChange.

Menurut pegawai BreadTalk Bintaro Jaya Xchange yang enggan disebutkan namanya, perusahan yang mengelola Mako berbeda dengan BreadTalk.

"Kami masih menggunakan merek BreadTalk, tapi saya tidak tahu mengenai Mako," ujarnya kepada Katadata.co.id, Rabu (28/12).

5. Sama-sama memasarkan secara online

Baik Breadtalk maupun Mako tidak sekedar mengandalkan penjualan dari gerai luring. Mereka juga sama-sama menyediakan jasa pemesanan daring atau online melalui aplikasi yang berbeda.

 

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait