Partai Ummat Lolos Verifikasi Pemilu, Ini Pesan Amien Rais pada Jokowi

Ade Rosman
30 Desember 2022, 22:00
Ketua Majelis Syuro Partai Ummat Amien Rais (tengah) dan sejumlah kader Partai Ummat berjalan saat akan menyerahkan berkas pendaftaran sebagai partai politik calon peserta Pemilu 2024 di Kantor KPU, Jakarta, Jumat (12/8/2022). Partai Ummat menjadi partai
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/rwa.
Ketua Majelis Syuro Partai Ummat Amien Rais (tengah) dan sejumlah kader Partai Ummat berjalan saat akan menyerahkan berkas pendaftaran sebagai partai politik calon peserta Pemilu 2024 di Kantor KPU, Jakarta, Jumat (12/8/2022). Partai Ummat menjadi partai ke-27 yang mendaftar sebagai calon peserta Pemilu 2024.

Ketua Majelis Syuro Partai Ummat, Amien Rais, berpesan pada presiden Joko Widodo agar tidak ada penundaan pemilu yang diagendakan pada 2024 mendatang.

Hal tersebut Amien katakan usai menghadiri penyampaian rekapitulasi hasil verifikasi dan penetapan nomor urut partai politik peserta pemilu oleh KPU RI, sebagai tindak lanjut putusan Bawaslu terhadap partai Ummat, di Kantor KPU, Jumat (30/12).

"Karena itu, mudah-mudahan, ini pesan saya kepada Presiden Jokowi, mudah-mudahan Pemilu 2024 jangan sampai pernah ditunda atau diundur," kata Amien.

Selain itu, mantan Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI 1999-2004 tersebut juga berpesan pada Jokowi agar tidak ada wacana menambah masa jabatan sebagai presiden.

"Berikutnya lagi, tolong Presiden Jokowi bayang-bayang untuk menambah dua tahun, tiga tahun itu juga lupakan," kata Amien.

Partai Ummat Peserta Pemilu 2024

Adapun, partai Ummat dinyatakan lolos sebagai dalah satu peserta pemilu 2024 mendatang, setelah KPU menyampaikan partai Ummat berhasil melampaui batas minimum keanggotaan di dua provinsi yang sebelumnya dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS), yaitu di Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Sulawesi Utara.

Pada pemilu mendatang, partai Ummat akan menggunakan nomor urut 24. Partai Ummat mendapat nomor buncit setelah sebelumnya 17 partai politik nasional dan 6 partai lokal Aceh mencabut nomor urut pada Rabu (14/12) lalu. 

“Partai Ummat nomor urut 24. Demikian pembacaan keputusan KPU tentang penetapan nomor urut Partai Ummat sebagai peserta Pemilu untuk tahun 2024,” ujar Ketua KPU Hasyim Asy’ari membacakan hasil rapat pleno di Gedung KPU, Jumat (30/12). 

Sebelumnya pada Rabu (14/12) KPU menetapkan nomor urut 17 partai politik peserta pemilu yang mendapat nomor urut 1 sampai 17. Sedangkan enam angka lainnya diisi oleh Partai Lokal Aceh. Partai Ummat menjadi nomor buncit mengisi angka 24. 

 Berikut rincian nama dan nomor urut partai peserta Pemilu 2024:

1. Partai Kebangkitan Bangsa (PKB)

2. Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra)

3. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP)

4. Partai Golkar

5. Partai Nasdem

6. Partai Buruh

7. Partai Gelombang Rakyat Indonesia

8. Partai Keadilan Sejahtera

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...