BMKG Ingatkan Potensi Hujan Disertai Angin Kencang di 23 Provinsi

Tia Dwitiani Komalasari
4 Januari 2023, 06:14
Nelayan memperbaiki jaring saat tidak melaut di Kecamatan Galesong Utara, Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan, Selasa (3/1/2023). Sejak dua pekan terakhir nelayan di daerah tersebut tidak melaut akibat angin kencang dan gelombang tinggi, sementara para ne
ANTARA FOTO/Abriawan Abhe/foc.
Nelayan memperbaiki jaring saat tidak melaut di Kecamatan Galesong Utara, Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan, Selasa (3/1/2023). Sejak dua pekan terakhir nelayan di daerah tersebut tidak melaut akibat angin kencang dan gelombang tinggi, sementara para nelayan memilih mengisi waktu dengan membersihkan jaring dan memperbaiki perahu.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika atau BMKG mengingatkan masyarakat untuk waspada akan potensi hujan lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang di sebagian wilayah di Indonesia pada Rabu (4/1).

Dalam sistem peringatan dini cuaca, BMKG memprakirakan provinsi yang berpotensi mengalami hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang berpotensi terjadi di Aceh, Bali, Bangka Belitung, Banten, Bengkulu.

Advertisement

Kemudian, Gorontalo, Jambi, Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Lampung, Maluku Utara, Nusa Tenggara Barat. Lalu, Nusa Tenggara Timur, Papua, Papua Barat, Riau, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, dan Sumatra Selatan.

Gelombang Tinggi Enam Meter

BMKG juga meminta masyarakat pesisir waspada potensi gelombang tinggi hingga enam meter di beberapa perairan Indonesia.

"Dimohon kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada," kata Kepala Pusat Meteorologi Maritim BMKG, Eko Prasetyo.

Ia mengatakan gelombang tinggi itu berpotensi terjadi pada 3-5 Januari 2023 seiring dengan pola angin di wilayah Indonesia.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement