Perikanan Indonesia Ekspor Ikan Cakalang ke Jepang Senilai Rp 5,1 M

Tia Dwitiani Komalasari
4 Januari 2023, 14:03
Ikan Cakalang yang telah dibekukan untuk dieskpor ke Jepang.
Katadata
Ikan Cakalang yang telah dibekukan untuk dieskpor ke Jepang.

PT Perikanan Indonesia mengekspor ikan Cakalang sebanyak 205 ton ke Jepang pada awal Januari 2023. Sebanyak 8 kontainer Ikan Cakalang diberangkatkan ke Jepang via jalur laut.

Direktur Utama PT Perikanan Indonesia, Sigit Muhartono, mengatakan ekspor Ikan Cakalang ini merupakan pembuka awal tahun yang baik untuk mengerek pendapatan. Adapun pengiriman Ikan Cakalang dilakukan dua sesi. Sesi pertama, perusahaan mengekspor sebanyak 52 ton dan sesi kedua sejumlah 153 ton.

“Total ada 205 ton yang kami ekspor ke Kota Hakata, Jepang pada awal Januari. Insya Alloh akan berkelanjutan di bulan-bulan berikutnya dengan minimal 300 ton setiap bulannya,” ujarnya dalam keterangan resmi, Rabu (4/1/2023).

Bahan baku Ikan cakalang ini diperoleh dari mitra nelayan BUMN perikanan tersebut yang tersebar di beberapa kantor cabang perusahaan seperti di Muara Baru Jakarta, Bacan, Ambon, dan Bitung.

 Sigit menuturkan total valuasi ekspor Ikan Cakalang pada awal tahun 2023 ini mencapai US$ 330.050 atau setara dengan Rp 5,1 miliar. Ke depannya, PT Perikanan Indonesia menargetkan ekspor Ikan Cakalang sebanyak 300 ton setiap bulan.

Dia mengatakan, kebutuhan ikan cakalang di Negeri Sakura sangat besar. Permintaan satu buyer di Jepang mencapai 30.000 ton Ikan Cakalang per tahun. PT Perikanan Indonesia akan berupaya menyuplai kebutuhan pasar tersebut.

Perusahaan dari Jepang mengimpor ikan cakalang dari Indonesia untuk diproses menjadi bahan dasar masakan Jepang, katsuobushi. Katsuobushi merupakan makanan awetan dengan bahan dasar ikan cakalang yang diserut tipis seperti serutan kayu.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...