Harga Minyak Anjlok 5%, WTI Sentuh US$ 72 per Barel

Tia Dwitiani Komalasari
5 Januari 2023, 06:59
Ilustrasi kilang minyak lepas pantai
Zukiman Mohamad/Pexels
Ilustrasi kilang minyak lepas pantai

Harga minyak turun lebih dari empat dolar AS per barel pada akhir perdagangan Rabu (4/1). Penurunan harga minyak didorong kekhawatiran permintaan terkait dengan ekonomi global dan meningkatnya kasus Covid-19 di Cina.

Minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Februari turun US$ 4,09 atau 5,3% menjadi US$ 72,84 per barel di New York Mercantile Exchange.

Advertisement

Minyak mentah berjangka Brent untuk pengiriman Maret turun US$ 4,26 atau 5,2%, menjadi US$ 77,84 per barel di London ICE Futures Exchange.

"Minyak mentah diperdagangkan lebih rendah di tengah kekhawatiran seputar Covid-19 China dan The Fed memaksa resesi global keduanya menuntut peristiwa penghancuran," kata Bob Yawger, direktur energi berjangka di Mizuho di New York, seperti dikutip dari Antara.

Penurunan minyak didorong oleh kasus Covid-19 di Cina. Pejabat Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO menyatakan bahwa data yang dikeluarkan oleh pemerintah Cina kurang merepresentasikan berapa banyak orang yang meninggal dalam wabah baru-baru ini yang menyebar dengan cepat, kata  (WHO).

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement