McDonald's Bakal PHK Massal di Tengah Ekspansi Besar-besaran, Ada Apa?

Nadya Zahira
9 Januari 2023, 12:09
McDonald's
Instagram McDonald
McDonald's

McDonald's berencana memangkas beberapa staf korporatnya untuk mengurangi biaya global. CEO McDonalds, Chris Kempczinski, menuliskan sebuah memo kepada karyawannya, Jumat (6/1).

“Kami akan mengevaluasi peran dan tingkat kepegawaian di beberapa bagian organisasi dan akan ada diskusi dan keputusan yang sulit di masa mendatang,” kata Kempszinski dikutip dari CNN, Senin (9/1).

Advertisement

“Inisiatif tertentu akan diprioritaskan atau dihentikan sama sekali. Ini akan membantu kami bergerak lebih cepat sebagai sebuah organisasi, sekaligus mengurangi biaya global kami dan membebaskan sumber daya untuk berinvestasi dalam pertumbuhan kami," ujarnya.

Ekspansi besar-besaran

Rencana PHK massal ini mencuat di tengah pertumbuhan bisnis waralaba tersebut. McDonald's telah menjadi bintang pandemi, saat orang-orang memesan lebih banyak makanan untuk dibawa pulang. Penjualan melonjak selama setahun terakhir karena inflasi membuat pengunjung restoran mencari pilihan yang lebih murah.

 Kempszinski mengatakan, hal itu tidak membuat perusahaan berpuas diri. Dia menguraikan rencana untuk mendobrak hambatan internal, tumbuh lebih inovatif, dan mengurangi pekerjaan yang tidak sejalan dengan prioritas perusahaan.

McDonald's juga berencana mempercepat laju pembukaan restorannya untuk menanggapi peningkatan permintaan. Perusahaan mengatakan melihat peluang untuk pertumbuhan lebih lanjut di banyak pasar utamanya.

“Meskipun ada banyak hal yang bisa kami banggakan, Anda juga memberi tahu kami bahwa masih banyak yang bisa kami lakukan,” tulis Kempczinski kepada karyawan. “Kami tampil di level tinggi, tetapi kami bisa melakukan lebih baik lagi.”

Keluar dari Kazakhstan

Sementara itu, MC Donalds hengkang dari Kazakhstan setelah waralaba raksasa makanan cepat saji itu kesulitan mendapatkan bahan baku daging dari  Rusia.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement