KAI Siapkan Kereta Panoramic untuk Beroperasi Kembali, Ini Bocorannya

Nadya Zahira
10 Januari 2023, 10:35
Selama 12 hari dioperasikan yakni 24 Desember 2022 s.d 4 Januari 2023, PT Kereta Api Indonesia (KAI) melayani 1.613 pelanggan Kereta Panoramic. Kereta Panoramic merupakan kereta dengan spesifikasi khusus untuk menikmati panorama di sepanjang perjalanan.
PT KAI
Selama 12 hari dioperasikan yakni 24 Desember 2022 s.d 4 Januari 2023, PT Kereta Api Indonesia (KAI) melayani 1.613 pelanggan Kereta Panoramic. Kereta Panoramic merupakan kereta dengan spesifikasi khusus untuk menikmati panorama di sepanjang perjalanan.

Tahap pra-rilis atau soft launching Kereta Panaromic telah berakhir sejak 8 Januari 2023 silam. Namun demikian, PT Kereta Api Indonesia atau KAI memastikan bahwa Kereta Panoramic akan beroperasi kembali.

Kepala Humas KAI Wisata, M.Ilud Siregar, mengatakan pihaknya tengah melakukan evaluasi untuk mempersiapkan Kereta Panoramic beroperasi kembali.  Evaluasi dilakukan untuk meningkatkan layanan Kereta Panoramic. 

"Insya Allah akan di kabari, tentang rencana dan program dalam meningkatkan layanan Kereta Panaromic," ujar Ilud kepada Katadata.co.id pada Senin (9/1).

Ilud mengatakan, peningkatan pelayanan tersebut di antaranya pola pengoperasian perjalanan Kereta Panoramic, fasilitas-fasilitas yang akan diberlakukan selanjutnya, pelayanan serta fasilitas pendukung lainnya. 

Terima Masukan Penumpang

Ilud mengatakan, Kereta Panoramic tidak beroperasi terlebih dahulu untuk memperbaiki dan meningkatkan pelayanan. KAI juga  sedang mengkaji masukan-masukan yang diberikan oleh penumpang terhadap perjalanan Kereta Panoramic di masa soft launching kemarin.

"Kita mempelajari masukan-masukan, dalam upaya KAI dan KAI Wisata bisa meningkatkan pelayanan bagi para penumpang dan pengguna setia Kereta Api. Kami memberikan inovasi-inovasi terbaru untuk memberikan layanan dan pengalaman yang menyenangkan, menarik, aman dan lancar," ujarnya

Namun demikian, Ilud belum bisa memastikan kapan kereta Panoramic akan beroperasi kembali. Operasi kereta akan dilakukan setelah semua evaluasi dan perbaikan selesai.

Sebelumnya, Kereta Panoramic soft launching pada 24 Desember 2022 hingga 8 Januari 2023. Peluncuran kereta yang tersambung dengan rangkaian KA Taksaka itu mendapatkan sambutan hangat masyarakat. Terbukti dari penjualan tiket yang mencapai 2.238 lembar.

Rata-rata okupansi harian kereta Panoramic mencapai sekitar 90%. Pada beberapa hari pertama pengoperasiannya, keterisian kereta ini berada di sekitar 70%. Kemudian sejak 28 Desember 2022, okupansinya meningkat menjadi rata-rata di 95% per hari.

 Tanggal perjalanan dengan volume tertinggi Kereta Panoramic terjadi pada 29 Desember 2022. Pada tanggal tersebut, KAI melayani total 161 pelanggan kereta panoramic pada 4 perjalanan KA dengan rata-rata okupansi sebesar 100%.

 Harga tiket Kereta Panoramic adalah Rp 1 juta per kursi. Namun, KAI menggelar promosi dengan diskon harga menjadi Rp750 ribu per kursi selama masa soft launching lalu.

 

Reporter: Nadya Zahira
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait