Indonesia Masih Impor 4 Komoditas Pangan Tahun Ini, Daging hingga Gula

Nadya Zahira
10 Januari 2023, 17:02
Pekerja membuat tahu dari kedelai impor kualitas A di pabrik tahu Sukun 73, Malang, Jawa Timur, Jumat (6/1/2023).
ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto/nym.
Pekerja membuat tahu dari kedelai impor kualitas A di pabrik tahu Sukun 73, Malang, Jawa Timur, Jumat (6/1/2023).

Pemerintah memutuskan masih akan melakukan impor empat komoditas pangan pada 2023.  Empat komoditas itu adalah bawang putih, gula konsumsi, daging ruminansia kerbau dan sapi, serta kedelai. 

Kepala Badan Pangan, Arief Prasetyo Adi, mengatakan bahwa rencana impor tersebut sudah disepakati dan telah dilakukan rapat koordinasi terbatas atau Rakortas bersama Menteri Koordinasi Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. Pemerintah juga sudah menyiapkan neraca komoditas dari ke 4 komoditas tersebut.

Advertisement

"Kita sudah menyiapkan neraca komoditas dari Kemenko Perekonomian (komoditas yang diimpor) itu bawang putih, gula konsumsi, daging ruminansia kerbau dan sapi, serta kedelai. Jadi hanya 4 komoditas yang diimpor," ujar Arief saat ditemui di Kantor Foodbank of Indonesia, Jakarta, Selasa (10/1).

Beras tidak termasuk

Sementara itu, dia mengatakan beras tidak termasuk ke dalam komoditas yang akan diimpor pada tahun ini. Pasalnya, beras masuk ke dalam rencana komoditas yang diimpor pada 2022 yang lalu, dan dilanjutkan di awal 2023.

"Kalau impor beras memang sudah dari tahun sebelumnya, sebanyak 500 ribu ton, 200 ribu ton di Desember, dan 300 ribu ton di Januari hingga Februari 2023," ujarnya.

Arief meminta Perum Bulog untuk segera menyelesaikan penyaluran beras impor hingga Februari 2023. Pasalnya  saat ini impor beras yang masuk baru 62.000 ton. Padahal seharusnya impor beras telah mencapai 200 ribu ton hingga akhir 2022.

Dengan demikian, masih ada sebanyak 138.000 ton lagi yang masih belum disalurkan ke daerah-daerah. Oleh sebab itu, dia menilai, bahwa Bulog belum optimal dalam menyalurkan beras impor tersebut. 

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement