Viral Moge Ingin Masuk Jalan Tol, Bandingkan dengan Malaysia hingga AS

Nadya Zahira
13 Januari 2023, 12:05
Foto udara kendaraan melintas di Jalan Tol Pejagan-Pemalang, Sidakaton, Tegal, Jawa Tengah, Sabtu (24/12/2022). Jalan Tol Pejagan-Pemalang pada libur Natal dan Tahun Baru 2023 terpantau ramai lancar.
ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah/rwa.
Foto udara kendaraan melintas di Jalan Tol Pejagan-Pemalang, Sidakaton, Tegal, Jawa Tengah, Sabtu (24/12/2022). Jalan Tol Pejagan-Pemalang pada libur Natal dan Tahun Baru 2023 terpantau ramai lancar.

Komunitas Motor Besar Club Indonesia atau MBCI sedang viral di media sosial lantaran menginginkan motor gede atau moge diperbolehkan untuk melintasi jalan tol. Namun saat ini, Indonesia belum memperbolehkan moge masuk tol.

Presiden MBCI Irianto Ibrahim mengatakan dirinya sudah memperjuangkan moge bisa masuk jalan tol selama 10 tahun lebih. Namun sampai saat ini pemerintah masih abai atas permintaan tersebut

“Saya perjuangkan moge masuk jalan tol ini sudah 10 tahun lebih dan tidak bosan-bosan hampir setiap tahun saya teriak, karena setiap saya touring ke Amerika, Eropa, Afrika, Australia, New Zealand, atau negara tetangga Bangkok, Singapura, Malaysia mereka boleh kok masuk tol,” ujarnya melalui video Youtube Icha BigBike, yang dikutip pada Jumar (13/1) 

Menurut Rian, Indonesia merupakan negara yang sudah tertinggal dengan negara lain lantaran belum menerapkan kebijakan moge untuk bisa melintasi jalan tol. Sementara negara-negara lain sudah menerapkan hal tersebut.

Diklaim Berdampak pada Pariwisata

Dia mengatakan, kebijakan moge masuk tol dapat meningkatan pariwisata, Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara atau APBN, dan devisa negara.

“Jadi kita jangan dianggap sepele, kita sudah touring keliling dunia kok, jadi hanya Indonesia yang tidak bisa mogenya masuk tol. Sekarang saatnya agar apa? Pariwisata, APBN dan, pemasukan devisa negara bisa meningkat karena adanya kebijakan ini,” ujarnya

Dia meminta kepada Presiden Joko Widodo atau Jokowi untuk bisa memberikan kesempatan untuk menerapkan kebijakan moge bisa masuk melintasi jalan tol seperti yang sudah diterapkan oleh negara-negara lainnya. 

“Saya minta ke Pak Jokowi, sebagai bikers sejati kasih kesempatan untuk kami. Karena dengan adanya moge di jalan tol akan memancing pariwisata dan menambah devisa, sehingga akan memasukan APBN untuk negara kita. Saya touring ke luar negeri, yang saya jual adalah makanan indonesia, musiknya, fashionnya semuanya saya jual, saya bilang “ayo ke indonesia,” tegasnya.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...