Kemenhub Berikan Subsidi Tarif Penerbangan ke Pulau Enggono Bengkulu

Tia Dwitiani Komalasari
14 Januari 2023, 15:47
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengunjungi pelabuhan perintis di Pulang Enggano, Bengkulu, Sabtu (14/1)
Humas Kemenhub
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengunjungi pelabuhan perintis di Pulang Enggano, Bengkulu, Sabtu (14/1)

Kementerian Perhubungan memberikan subsidi penerbangan ke Pulau Enggono sehingga tarifnya lebih terjangkau. Pemerintah juga tengah mengembangkan Pelabuhan Enggono sehingga  kapal lebih besar bisa berlabuh.

“Kami bersama pemerintah daerah berkomitmen untuk terus membangun dan mengembangkan sarana dan prasarana transportasi di Enggano,” ujar Budi saat melakukan tinjauan ke salah satu pulau terluar di Indonesia yaitu Pulau Enggano, di Kabupaten Bengkulu Utara, Provinsi Bengkulu, Sabtu (14/1).

Dia mengatakan, akses menuju Bandara Enggano bisa melalui Bandara Fatmawati Soekarno Bengkulu dengan waktu tempuh sekitar 45 menit menggunakan maskapai Susi Air. Layanan penerbangan ini tersedia dua kali dalam seminggu, yakni tiap Selasa dan Kamis.

Kemenhub setiap tahunnya memberikan subsidi penerbangan perintis untuk rute Enggano - Bengkulu PP yang dilayani oleh maskapai Susi Air. Dengan adanya subsidi, tarif penerbangan rute Bengkulu-Enggano menjadi cukup terjangkau yaitu sebesar Rp 306.920. Sementara tarif penerbangan untuk rute Enggano-Bengkulu Rp. 255.320.

Transportasi Laut

Selain udara, pulau Enggono dapat dapat diakses melalui laut. Enggano memiliki dua pelabuhan yaitu Pelabuhan Malakoni dan Pelabuhan Penyeberangan Kahyapu.

Saat ini, Kemenhub tengah menambah panjang dermaga Pelabuhan Malakoni dari 70m menjadi 100m. Pembangunan ditargetkan selesai pada 2023. Dengan penambahan dermaga, pelabuhan ini mampu disandari kapal dengan ukuran yang lebih besar hingga 3.000 gross ton atau GT.

“Ini merupakan bagian dari upaya pemerintah membangun dengan paradigma Indonesia sentris. Kita ingin Enggano dapat terhubung dengan baik seperti daerah lainnya,” ujar Menhub.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...