Sempat Sepi, Mal Pinggiran Jakarta Kembali Ramai Berkat Area Mainan

Nadya Zahira
17 Januari 2023, 13:06
Area mainan di Mal City Plaza atau Ciplaz Depok, Senin (16/1).
Nadya Zahira/Katadata
Area mainan di Mal City Plaza atau Ciplaz Depok, Senin (16/1).

Beberapa pusat perbelanjaan dan mal di pinggiran Jakarta sepi pengunjung sejak pandemi Covid-19. Mal City Plaza atau Ciplaz Depok pun  sempat sepi pengunjung dan setelah berbenah kini mulai ramai kembali. 

Ciplaz Depok  yang juga dikenal dengan sebutan Plaza Depok, merupakan pusat perbelanjaan yang kembali bangkit melalui transformasi. Sebelumnya toko di mal hanya didominasi ritel seperti pakaian dan supermarket. Kini toko di Ciplaz sangat bervariasi, mulai dari restoran hingga area mainan.

Advertisement

Berdasarkan pantauan Katadata.co.id, sebagian besar pengunjung yang datang ke Mal Ciplaz Depok lebih banyak menyambangi area permainan anak, restoran cepat saji, dan bioskop. Sedangkan pada wilayah toko ritel dan supermarket masih nampak sepi pengunjung.

Dari seluruh gedung, lantai tiga merupakan yang paling ramai karena ditempati oleh area bermain The Play Zone, XXI dan food court. Namun pengunjung paling banyak terdapat di area permainan yaitu anak-anak yang didampingi bersama orang tuanya.

Kondisi Ciplaz ini lebih baik dibandingkan beberapa mal lain di Depok.  Berdasarkan pantauan Katadata.co.id, beberapa mal sepi pengunjung di Depok yakni Mall International Trade Center atau ITC Depok yang terletak di Jalan Margonda.

Selain ITC, pusat perbelanjaan dan mal yang sepi di Depok yakni Depok Town Square atau DeTos. Mal yang berseberangan dengan Margo City ini sepi pengunjung. Bahkan di lantai dua DeTos banyak toko yang tutup.

Mal sepi di Depok lainnya yakni Transmart di Jalan Dewi Sartika dan Pesona Square di Jalan Ir. Juanda. Transmart minim pengunjung sejak aksesnya terganggu pembangunan underpass Jalan Dewi Sartika sepanjang 470 meter.

Mal Ramai, Ritel Tetap Sepi

Salah satu karyawan toko pakaian Ramayana, Suhendra, mengatakan bahwa ramainya pengunjung yang datang ke mal Ciplaz Depok tidak membuat omzet ritel tersebut mengalami kenaikan. Menurutnya, tidak terjadi perubahan yang signifikan, masih sepi seperti saat pandemi Covid-19.

Dia mengatakan, pembeli setiap harinya hanya sekitar 7-11. Dengan begitu, Ramayana masih dalam keadaan yang anjlok.

"Mal Ciplaz memang sudah mulai ramai, namun pengunjung yang ke Ramayana ini hanya sedikit, bahkan minggu lalu selama dua hari benar-benar tidak ada pembeli. Omzet kita masih sama seperti waktu pandemi, hanya sekitar Rp 40 juta setiap bulannya, padahal dulu sebelum Covid-19 bisa mencapai hingga ratusan juta,” ujarnya kepada Katadata.co.id saat ditemui di Ciplaz Depok, pada Senin (16/1).

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement