PUPR Lelang Ulang Proyek Tol Getaci, Pembangunan Bakal Tambah Molor

Nadya Zahira
18 Januari 2023, 09:18
Foto udara jalur selatan Lingkar Gentong di Kadipaten, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Kamis (1/9/2022). Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) telah menetapkan pemenang pelelangan pengusahaan Jal
ANTARA FOTO/Adeng Bustomi/foc.
Foto udara jalur selatan Lingkar Gentong di Kadipaten, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Kamis (1/9/2022). Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) telah menetapkan pemenang pelelangan pengusahaan Jalan Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap yang menghubungkan wilayah Jawa Barat dengan Jawa Tengah sepanjang 206,65 kilometer dan pengerjaannya akan dimulai akhir tahun ini dengan target rampung pada 2029.Ê

Kementerian PUPR akan melelang ulang proyek Tol Gede Bage-Tasikmalaya-Cilacap atau Tol Getaci. Hal itu dilakukan karena pemenang lelang Badan Usaha Jalan Tol atau BUJT Tol Getaci yakni Jasa Marga, tidak berhasil menyerahkan financial close

Proses lelang ulang membuat pengerjaan proyek Tol Getaci menjadi semakin molor. Sebelumnya, proyek ini ditargetkan mulai dibangun pada 2022.

"Kita akan lelang ulang, karena kemarin tidak financial close. Sehingga konstruksinya bakal mundur lagi," ujar Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR, Hedy Rahadian, saat ditemui di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (17/1).

Hedy mengatakan bahwa Kementerian PUPR telah melakukan pendataan untuk kebutuhan lahan pada tahap pertama yang ditargetkan sampai dengan wilayah Garut, Jawa Barat.

"Kita target pendataan untuk kebutuhan lahan sudah sampai Garut, nanti ini kalau sudah maju, kita lanjutkan prosesnya," ujar Hedy.

Ditargetkan Dimulai Tahun Ini

Namun demikian, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan akan tetap menargetkan pembangunan Tol Getaci bisa segera dibangun pada 2023 ini.

"Tol Getaci akan tetap kita targetkan untuk segera dibangun tahun ini, semoga kekejar pembangunan tahap I sampai 2024," ujar Basuki saat ditemui di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (17/1).

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...