Ini Alasan Moge Tidak Bisa Masuk Jalan Tol di Indonesia

Nadya Zahira
19 Januari 2023, 10:51
Foto udara kendaraan melintas di Jalan Tol Pejagan-Pemalang, Sidakaton, Tegal, Jawa Tengah, Sabtu (24/12/2022). Jalan Tol Pejagan-Pemalang pada libur Natal dan Tahun Baru 2023 terpantau ramai lancar.
ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah/rwa.
Foto udara kendaraan melintas di Jalan Tol Pejagan-Pemalang, Sidakaton, Tegal, Jawa Tengah, Sabtu (24/12/2022). Jalan Tol Pejagan-Pemalang pada libur Natal dan Tahun Baru 2023 terpantau ramai lancar.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menjelaskan alasan motor gede atau moge tidak bisa masuk jalan tol. Hal itu menanggapi Komunitas Motor Besar Club Indonesia atau MBCI yang sebelumnya sempat viral di media sosial lantaran karena menginginkan moge diperbolehkan untuk melintasi jalan tol.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR Basuki Hadimuljono menyatakan, bahwa moge tidak bisa masuk jalan tol karena sudah sesuai dengan regulasi yang telah ditetapkan. 

"Regulasinya kan jalan tol itu tidak bisa dimasukkan oleh moge. Jadi harus diatur terlebih dahulu," ujar Basuki saat ditemui awak media di Gedung DPR RI, Selasa (17/1).

Berbeda dengan di Luar Negeri

Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Hedy Rahadian mengatakan, bahwa di Indonesia sudah terdapat tol khusus yang bisa dilewati oleh sepeda motor. Namun, tol tersebut tidak disatukan dengan kendaraan roda empat dan selebihnya. 

Hal tersebut lantaran unsur keselamatan pengguna jalan harus tetap diperhatikan. Hedy mengatakan, pemerintah masih merasa khawatir jika moge melintasi jalan tol, pasalnya masyarakat Indonesia belum bisa tertib secara maksimal.

"Kita ada beberapa tol memang khusus untuk sepeda motor, tapi tidak bersatu dengan roda empat. Karena masalah-masalah dengan disiplin berlalu lintas kita belum cukup bagus. Nanti akan menimbulkan masalah keselamatan juga," ujar Hedy.

Selain itu, dia mengatakan bahwa sepeda motor di luar negeri dianggap setara dengan mobil. Hal itu berbeda dengan di Indonesia di mana seringkali motor menyelip di samping mobil.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...