Takeda Cari Mitra Lokal untuk Produksi Vaksin Demam Berdarah di RI

Tia Dwitiani Komalasari
20 Januari 2023, 07:29
Menteri Investasi Bahlil Lahadalia bertemu dengan Chief Executive Officer of Takeda Pharmaceutical Christope Weber di World Economic Forum, Davos, Swiss Kamis (19/1).
Dokumentasi Kementerian Investasi
Menteri Investasi Bahlil Lahadalia bertemu dengan Chief Executive Officer of Takeda Pharmaceutical Christope Weber di World Economic Forum, Davos, Swiss Kamis (19/1).

Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia bertemu dengan Chief Executive Officer Takeda Pharmaceutical Company, Christophe Weber, di Indonesia Pavilion World Economic Forum di Swiss (18/1) sore waktu setempat. Mereka membahas program vaksin demam berdarah dan mendorong Takeda untuk berinvestasi vaksin di Indonesia.

Bahlil mengatakan, Indonesiamerupakan negara endemis demam berdarah sehingga membutuhkan vaksin untuk mencegah perluasan penyakit dan kematian akibat penyakit tersebut. Terutama di wilayah Timur, Kalimantan, dan di Jawa saat musim hujan.

Bahlil mengapresiasi upaya Takeda mengembangkan vaksin demam berdarah dan investasi Takeda yang telah berada di Indonesia sejak 1971 pada sektor farmasi.

“Saya berterimakasih kepada Takeda atas produk-produknya yang telah banyak membantu masyarakat Indonesia. Kami dorong Takeda untuk jangan hanya mengimpor vaksinnya tapi juga produksi di Indonesia,” ujar Bahlil dalam keterangan tertulis.

Bahlil juga menyatakan siap untuk mendukung program dan rencana investasi Takeda serta akan membantu mengkoordinasikan program vaksinasi demam berdarah dengan Kementerian Kesehatan. Melalui Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia atau BPOM, Indonesia telah memberikan persetujuan kepada Takeda terkait penggunaan Vaksin Dengue Tetravalen (TAK-003) untuk demam berdarah, terutama untuk kelompok umur 6-45 tahun.

Selain itu, Kementerian Investasi juga siap untuk memfasilitasi dan mempertemukan mitra lokal yang sesuai dengan kebutuhan Takeda.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...