Jalur Pantai Selatan Sepi Peminat, Pemerintah Tambah SPBU hingga Lampu

Nadya Zahira
20 Januari 2023, 09:49
Foto udara jalan provinsi menuju jalur Pantai Selatan (Pansela) di Naringgul, Cianjur Selatan, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Rabu (10/8/2022).
ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/foc.
Foto udara jalan provinsi menuju jalur Pantai Selatan (Pansela) di Naringgul, Cianjur Selatan, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Rabu (10/8/2022).

Pemerintah membenahi jalur pantai selatan agar siap untuk dilewati saat lebaran. Pasalnya, jalur tersebut kurang diminati pemudik karena minimnya fasilitas.

"Ketika jalan tol menuju wilayah timur padat dan macet, maka jalur Pansela bisa dijadikan alternatif mudik," ujar Dirjen Perhubungan Darat Hendro Sugiatno, melalui keterangan resmi, yang dikutip pada Jumat (20/1).

Advertisement

Hendro mengatakan bahwa kegiatan pengecekan jalur pansela ini merupakan sosialisasi kepada masyarakat. Jalur pansela dapat digunakan sebagai jalur alternatif ketika jalan tol atau jalur pantura mengalami kepadatan. 

Namun demikian, Kemenhub juga menemukan sejumlah alasan mengapa jalur Pansela kurang begitu diminati pemudik, yaitu karena minimnya penerangan jalan, kurangnya rambu-rambu yang bisa membahayakan pengendara dan minimnya rest area serta Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum atau SPBU.

"Kita akan kebut pembangunan fasilitas keselamatan jalan untuk penerangan jalan dan perambuan. Mudah-mudahan pembangunannya selesai sebelum musim mudik lebaran," ujar Hendro.

 Sepanjang 1.543 Kilometer

Direktur Preservasi Jalan Wilayah I, Akhmad Cahyadi, mengatakan bahwa jalur Pansela terbentang dari titik nol di Simpang Labuan, Provinsi Banten, hingga Jawa Timur sepanjang 1.543 kilometer. Saat ini, pemerintah masih mengerjakan proyek pengerjaan 229 km jalan di Provinsi Jawa Timur yang akan selesai dalam 2-3 tahun ke depan.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement