Lion Air Tabrak Garbarata Bandara Mopah, 122 Penumpang Batal Terbang

Tia Dwitiani Komalasari
26 Januari 2023, 13:20
Ilustrasi Lion Air
Arief Kamaludin|KATADATA
Ilustrasi Lion Air

Pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT 797, menabrak garbarata Bandara Mopah Merauke saat hendak leas landas atau take off menuju Sentani, Kabupaten Jayapura, Kamis (26/1).

"Insiden terjadi sekitar pukul 09.10 WIT, menyebabkan kerusakan di sayap bagian kanan," kata Kapolres Merauke AKBP Sandi Sultan, dikutip dari Antara, Kamis (26/1).

Advertisement

 Sandi mengatakan, pesawat di piloti Bangga Luhur Insan. Insiden terjadi saat pesawat menuju landasan pacu untuk lepas landas atau take off.

 "Sayap bagian kanan menabrak garbarata Bandara Mopah Merauke hingga nampak tergores," ujar Sandi Sultan.

 Akibat insiden yang terjadi, ujar dia, pesawat yang membawa bagasi sebanyak 1.105 Kg dan cargo 646 Kg tersebut tidak melanjutkan perjalanannya ke Bandara Sentani.

Pemberangkatan penumpang ditunda Jumat (27/1) dan pihak Lion Air memberikan kompensasi. Penyidik Polres Merauke telah meminta keterangan dari pilot dan beberapa orang crew, kata Kapolres Merauke AKBP Sandi Sultan.

Tanggapan Lion Air

Corporate Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro, mengatakan Lion Air penerbangan JT-797 dipersiapkan secara baik dan mengikuti standar operasional prosedur atau SOP. Lion Air mengoperasikan Boeing 737-900ER registrasi PK-LFO

"Sebelum keberangkatan, pesawat sudah dilakukan pengecekan dan pemeriksaan lebih awal dengan hasil layak dan aman dioperasikan. Penerbangan ini akan membawa tujuh awak pesawat serta 122 penumpang," kata Danang melalui keterangan tertulis.

 Setelah persiapan layanan dan penanganan darat selesai, pesawat bersiap dan mulai bergerak perlahan di area parkir pesawat. Dalam proses itu terjadi hambatan di area sebelah kanan pesawat.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement