Kronologi Lion Air Tabrak Garbarata Bandara, Ada Hambatan di Pesawat

Tia Dwitiani Komalasari
26 Januari 2023, 14:36
Ilustrasi Lion Air
Arief Kamaludin|KATADATA
Ilustrasi Lion Air

Lion Air buka suara mengenai insiden pesawat yang menabrak garbarata Bandara Mopah, Merauke, Papua Selatan, Kamis (26/1) pukul 9.10 WIT. Selain kerusakan, insiden tersebut membuat 122 penumpang dan tujuh awak pesawat batal terbang.

Corporate Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro, menjelaskan kronologi insiden tersebut. Danang mengatakan bahwa Lion Air penerbangan JT-797 dijadwalkan berangkat dari Bandara Mopah, Merauke, Papua Selatan (MKQ) ke Bandara Sentani Jayapura, Papua (DJJ).

Advertisement

Dia mengatakan, Lion Air penerbangan JT-797 dipersiapkan secara baik mengikuti standar operasional prosedur atau SOP. Lion Air mengoperasikan Boeing 737-900ER registrasi PK-LFO.

"Sebelum keberangkatan pesawat sudah dilakukan pengecekan dan pemeriksaan lebih awal dengan hasil layak dan aman dioperasikan. Penerbangan ini akan membawa tujuh awak pesawat serta 122 penumpang," ujarnya.

Setelah persiapan layanan dan penanganan darat selesai, Danang mengatakan, pesawat bersiap dan mulai bergerak perlahan di area parkir pesawat atau apron. Dalam proses itu terjadi hambatan di area sebelah kanan pesawat.

Danang mengatakan, pilot memutuskan untuk kembali ke titik parkir guna dilakukan pemeriksaan. Hal itu dilakukan untuk memastikan aspek keselamatan dan keamanan penerbangan.

"Hasil pengamatan, lekukan ujung sayap bagian kanan atau winglet menyentuh bagian luar bangunan garbarata bandar udara," kata dia.

Penumpang Gagal Terbang

Danang menuturkan, Lion Air bersama pihak berwenang terkait sedang melakukan penyelidikan lebih lanjut. Dia mengatakan, Lion Air tidak dapat berspekulasi atau memberikan keterangan mengenai penyebab insiden tersebut. Proses investigasi membutuhkan waktu signifikan untuk mendapatkan rekomendasi.

Akibat insiden tersebut,seluruh penumpang diarahkan dan diturunkan menuju ruang tunggu terminal keberangkatan untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement