Kereta Panoramic Argo Parahyangan Operasi Februari, Tarif Rp 350.000

Tia Dwitiani Komalasari
29 Januari 2023, 07:18
Kereta Panoramic
Humas Kemenhub
Kereta Panoramic

Kereta Panoramic akan kembali beroperasi pada Februari 2022. Kereta ini rencananya akan dirangkaikan dengan Argo Parahyangan dan Argo Wilis PP.

Kereta Argo Parahyangan memiliki rute Stasiun Gambir, Jakarta-Bandung. Sementara Argo Wilis memiliki rute Bandung-Yogyakarta-Surabaya Gubeng.

Adapun tarif yang diberlakukan yaitu Argo Parahyangan Panoramic sebesar Rp350.000 dan Argo Wilis Panoramic Rp1.120.000. Kereta ini masing-masing akan memiliki kapasitas sebanyak 38 tempat duduk. 

Dioperasikan di Sejumlah Negara

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Sabtu (28/1), menjajal Kereta Panoramic, sebuah kereta dengan spesifikasi khusus untuk menikmati panorama yang pertama kalinya ada di Indonesia. Budi mengatakan, sejumlah negara telah memiliki layanan Kereta Panoramic diantaranya yaitu Amerika Serikat, Jepang dan Swiss.

“Saat ini kita sudah punya kereta panoramic seperti yang ada di luar negeri. Jadi tidak usah jauh-jauh ke Swiss. Ini suatu inovasi yang baik dari PT KAI,” ujar Budi dalam keterangan pers, Sabtu (28/1).

Kereta Panoramic memiliki jendela dengan ukuran sangat besar di kedua sisinya dan atap kaca memanjang dari depan hingga belakang yang dapat dibuka tutup secara otomatis. “Ini memberikan sensasi yang berbeda karena bisa menikmati pemandangan di sepanjang perjalanan,” tuturnya.

Dia mengatakan, Kereta Api Panoramic mendapatkan antusiasme yang cukup besar setelah diluncurkan pada Desember 2022. Kereta ini memiliki potensi untuk terus dikembangkan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...