Kaesang Sudah Minta Restu Jokowi untuk Terjun ke Politik

Tia Dwitiani Komalasari
29 Januari 2023, 11:30
Acara Tasyakuran Pernikahan Kaesang dan Erina sesi malam di Pura Mangkunegaran, Solo, Jawa Tengah, Minggu (11/12/2022).
Tim Media Pernikahan Kaesang Erina
Acara Tasyakuran Pernikahan Kaesang dan Erina sesi malam di Pura Mangkunegaran, Solo, Jawa Tengah, Minggu (11/12/2022).

Putra bungsu  Presiden RI Joko Widodo, Kaesang Pangarep, telah meminta restu kepada ayahnya untuk terjun ke dunia politik. Joko widodo atau Jokowi pun menyatakan bahwa dirinya memberi kebebasan kepada Kaesang untuk terjun ke dunia politik.

Jokowi mengatakan bahwa keinginan tersebut sudah sempat disampaikan Kaesang secara pribadi. Namun dia memgaku tidak ingin mempengaruhi ataunikut campur keputusan anaknya untuk terjun ke dunia politik.

"Sudah ngomong ke saya, tapi saya selalu memberi kebebasan kepada mereka. Saya tidak mempengaruhi, saya tidak memutuskan," katanya kepada awak media selepas prosesi Kick-Off Keketuaan ASEAN 2023 di Bundaran Hotel Indonesia , Jakarta, Minggu (29/1).

Advertisement

Dia mengatakan, Kaesang sudah dewasa dan seharusnya bertanggung jawab pada keputusan sendiri. Selain Kaesang, anak sulung Jokowi, Gibran Rakabuming sudah lebih dulu terjun ke dunia politik. Begitu juga dengan menantunya Bobby Nasution.

"Mereka sudah punya keluarga sendiri, harus bertanggung jawab, memutuskan sendiri, dan saya enggak akan ikut-ikut," ujar Jokowi.

Disampaikan Gibran

Keinginan Kaesang masuk dunia politik pertama kali diungkapkan kakak pertamanya, Gibran Rakabuming Raka, pada Selasa (24/1). Menurut Gibran, yang juga menjabat Wali Kota Surakarta, keinginan itu disampaikan Kaesang saat Presiden Jokowi sedang pulang ke Solo.

"Yang kami bicarakan di meja makan itu Kaesang. Saya juga kaget, dia secara terbuka menyampaikan kepada kami ada ketertarikan di politik," kata Gibran.

Pernyataan Gibran itu membuat partai-partai politik berduyun-duyun membukakan pintu lebar-lebar kepada Kaesang bila mana sang putra bungsu Presiden Jokowi serius dalam menunaikan keinginannya.

Senada dengan Jokowi, Gibran juga memberi kebebasan kepada adik bungsunya perihal pilihan kontestasi kepala daerah mana yang akan diikuti atau bergabung dengan partai politik apa.

Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement