KAI Operasikan Kereta Api Pertama di Sulawesi, Rute Makassar-Pare-pare

Tia Dwitiani Komalasari
30 Januari 2023, 16:38
Seorang masinis bersiap mengoperasikan kereta api di Stasiun Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, Selasa (10/1/2023). Jalur pengoperasian kereta api Makassar-Pare Pare saat ini memiliki jalur sepanjang 80 kilometer dengan melintasi sembilan stasiun, diantar
ANTARA FOTO/Abriawan Abhe/rwa.
Seorang masinis bersiap mengoperasikan kereta api di Stasiun Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, Selasa (10/1/2023). Jalur pengoperasian kereta api Makassar-Pare Pare saat ini memiliki jalur sepanjang 80 kilometer dengan melintasi sembilan stasiun, diantaranya Stasiun Labbakkang, Mandalle, Tanete Rilau dan Garongkong.

PT Kereta Api Indonesia (Persero) terus menyiapkan pengoperasian sarana KA Makassar - Parepare yang saat ini dalam tahap uji coba terbatas. KAI telah membentuk kemitraan bersama PT Sulsel Citra Indonesia (Perseroda) dengan nama Konsorsium Kereta Api Sulsel yang bertugas menyelanggarakan kereta api perintis lintas Makassar - Parepare.

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan, KAI siap mendukung pengoperasian KA Makassar - Parepare yang merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional ini.

“KAI siap menjalankan amanah yang diberikan oleh pemerintah dalam menjalankan transportasi kereta api yang aman, efisien, dan ramah lingkungan di Sulawesi Selatan,” ujar Joni Martinus, Senin (30/1).

Panjang 110 Km

Pembangunan kereta api di Sulawesi Selatan saat ini sudah terbangun kurang lebih 110 km, terbentang dari Kab. Maros sampai dengan perbatasan Kab. Barru. Sementara yang sudah beroperasi adalah angkutan penumpang dengan uji coba terbatas di lintas Garongkong sampai dengan Mangilu. Proyek Kereta Api Makassar - Parepare merupakan bagian dari jaringan kereta api Trans Sulawesi yang akan menghubungkan Makassar sampai dengan Manado.

Saat ini KAI sedang menyiapkan sarana berupa 2 rangkaian kereta penumpang dan sumber daya manusia guna mendukung pengoperasian kereta tersebut seperti masinis, Customer Service on Train, dan Teknisi Kereta Api.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...