Pemerintah Mulai Bangun 47 Rusun ASN di IKN, Anggarkan Rp 4,9 Triliun

Tia Dwitiani Komalasari
31 Januari 2023, 08:30
Proyek IKN di Kalimantan Timur. Foto: Andi M. Arief
Andi M. Arief
Proyek IKN di Kalimantan Timur. Foto: Andi M. Arief

Presiden RI Joko Widodo memimpin Rapat Terbatas mengenai Hunian Aparatur Sipil Negara atau ASN, Tentara Nasional Indonesia, dan Kepolisian Negara Republik Indonesia di Ibu Kota Nusantara atau IKN, Senin (30/1), di Kantor Presiden, Jakarta.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR, Basuki Hadimuljono, mengatakan bahwa pada tahap awal pemerintah akan segera membangun 47 tower rumah susun untuk rumah dinas ASN, TNI, dan Polri.

“Tadi sudah diputuskan 47 tower yang akan segera dibangun,” ujar Menteri PUPR setelah rapat terbatas dikutip dari laman Setkab.go.id, Selasa (31/1).

Basuki mengatakan, pembangunan hunian dengan alokasi anggaran sebesar Rp 9,4 triliun tersebut akan dimulai pada tahun 2023 ini. Pembangunan rusun ASN dijadwalkan rampung 2024. 

Dia menuturkan, pembangunan hunian dengan model apartemen sejalan dengan konsep kota hutan atau forest city yang diusung IKN. “Kalau dia enggak tower, dia makin menyebar. Supaya tidak merusak, terlalu banyak memotong hutan,” ujarnya.

Menurut Basuki, Presiden Jokowi telah memberikan arahan agar jajarannya melakukan survei terkait kebutuhan hunian di IKN. Dengan demikian, ASN diharapkan bisa memiliki pilihan antara rumah tapak atau apartemen.

“Harus disurvei dulu siapa yang mau di apartemen, siapa yang mau landed, tadi arahannya Presiden begitu,” lanjutnya.

Pada kesempatan itu, Basuki juga menyampaikan bahwa jumlah ASN, TNI, dan Polri yang akan dipindahkan ke IKN hingga tahun 2024 mencapai 16,9 ribu orang.



Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...