Jurus Raffi Ahmad dan Nagita Bangun Gurita Bisnis RANS, Termasuk Gimik

Nadya Zahira
2 Februari 2023, 06:12
Raffi Ahmad dan Nagita Slavina
Instagram @raffinagita1717
Raffi Ahmad dan Nagita Slavina

Chairman of RANS Raffi Ahmad dan Chief Executive Officer RANS Nagita Slavina membocorkan sejumlah jurus yang diterapan untuk mengembangkan gurita bisnis RANS.

Bisnis RANS Entertainment berawal dari kanal YouTube Raffi dan Nagita yang kerap menampilkan konten kehidupan sehari-hari mereka. Menurut data Social Blade, akun YouTube RANS Entertainment sudah memiliki 24,7 juta pengikut atau subscribers pada Januari 2023.

Akun Youtube tersebut masuk ke daftar 5 akun YouTube terpopuler di Indonesia.  Tingginya jumlah subscribers itu menjadi salah satu penopang pendapatan RANS Entertainment.

Social Blade mengestimasikan pendapatan YouTube mereka berkisar antara USD 18,1 ribu sampai USD 289,9 ribu per bulan, setara dengan kisaran Rp 270,54 juta sampai Rp 4,33 miliar.

Saat ini RANS telah berhasil membangun bisnisnya mulai dari bidang hiburan seperti RANS Musik, lalu menjajaki bisnis di bidang fashion, animasi, hingga klub olah raga sepak bola dan basket. Terakhir, RANS baru saja melakukan ekspansi dengan meluncurkan unit bisnis baru untuk industri Food and Beverage atau F&B.

Jurus Raffi Ahmad dan Nagita Slavina untuk kembangkan bisnis RANS:

1. Perencanaan Strategi yang matang

Nagita mengatakan, RANS selalu menyiapkan strategi yang matang dalam menjalankan bisnisnya. Salah satu yang utama adalah menentukan waktu yang tepat untuk meluncurkan produk. 

Menurut Nakita, RANS selalu melakukan kajian mengenai penetrasi pasar terlebih dahulu sebelum meluncurkan produk. Dia juga melakukan kajian terhadap peluang dan tantangan masing-masing bisnis. Pasalnya, setiap lini bisnis memiliki tantangan yang berbeda.

"Timing pembukaan juga penting, tidak boleh terlalu cepat dan tidak boleh terlalu lambat karena kita harus tahu dulu penetrasinya sejauh mana, banyak faktor sebenarnya yang bisa kita coba. Bisnis apa pun itu ada kesusahannya masing-masing,” ujarnya dalam konferensi pers peluncuran linis bisnis F&B RANS di Jakarta, Rabu (1/2).

2. Gimik

Raffi Ahmad dan Nagita Slavina mengakui kerap menggunakan gimik untuk mempromosikan produknya. Nagita mengatakan gimik sangat penting diterapkan untuk marketing di industri apa pun. Hal itu termasuk bisnis di industri makanan dan minuman.

Gimik atau gimmick merupakan salah satu trik marketing yang sengaja dibuat untuk bisa menarik perhatian dan meningkatkan minat pembeli agar tertarik pada suatu produk atau layanan yang diberikan dari suatu perusahaan.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...