Indonesia Siap Gelar Piala Dunia U20, Revitalisasi Stadion Hampir 100%

Tia Dwitiani Komalasari
3 Februari 2023, 11:05
Foto aerial Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring (GSJ) yang diperuntukkan untuk venue Piala Dunia U-20 2023 di Jakabaring Sport City (JSC), Palembang, Sumatera Selatan, Selasa (15/3/2022).
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/nym.
Foto aerial Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring (GSJ) yang diperuntukkan untuk venue Piala Dunia U-20 2023 di Jakabaring Sport City (JSC), Palembang, Sumatera Selatan, Selasa (15/3/2022).

Revitalisasi semua stadion yang digunakan untuk pertandingan Piala Dunia U20 di Indonesia bakal rampung sebelum April 2023. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyatakan bahwa revitalisasi stadion tersebut hampir rampung 100%.

“Kami siap. Semua stadion yang masuk dalam program U20 dan tempat untuk latihan juga siap,” kata Basuki Hadimuljono saat ditemui pada sela-sela kunjungan kerjanya mendampingi Presiden Republik Indonesia Joko Widodo di Tabanan, Bali, Kamis (2/2).

Advertisement

Piala Dunia U20 bakal digelar di Indonesia pada 20 Mei 2023 sampai dengan 11 Juni 2023. Ada enam stadion yang telah mendapat persetujuan FIFA untuk menjadi lokasi Piala Dunia U-20, yaitu di Stadion Utama Gelora Bung Karno di Jakarta, Stadion Si Jalak Harupat di Bandung, Stadion Manahan di Solo, Gelora Bung Tomo di Surabaya, Stadion Jakabaring di Palembang, dan Stadion Kapten I Wayan Dipta di Gianyar, Bali.

Terkait itu, Kementerian PUPR bertugas merenovasi dan memastikan stadion-stadion yang menjadi lokasi Piala Dunia U-20 sesuai dengan standar FIFA. Basuki menyampaikan anggaran renovasi itu secara keseluruhan mencapai Rp175 miliar.

“Itu Rp175 miliar semua. Ada lima stadion yang dipakai, terus yang 20 (lapangan) untuk latihan. (Stadion yang direvitalisasi, red.) ada di Palembang, Bandung, Solo, Bali, dan Surabaya,” kata Basuki.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement