Makin Meroket, Harga Beras Medium di Jakarta Tembus Rp 13.000 per Kg

Nadya Zahira
3 Februari 2023, 18:33
Calon pembeli melihat berbagai jenis beras di Pasar Induk Beras Cipinang (PIBC), Jatinegara, Jakarta, Senin (7/11/2022).
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/wsj.
Calon pembeli melihat berbagai jenis beras di Pasar Induk Beras Cipinang (PIBC), Jatinegara, Jakarta, Senin (7/11/2022).

Harga beras terus merangkak naik hingga jauh di atas harga eceran tertinggi atau HET. Menurut data Badan Pusat Statistik atau BPS mencatat bahwa beras juga menjadi salah satu komoditas penyumbang inflasi sebesar 2,34% pada Januari ini.

Berdasarkan Pantauan Katadata.co.id di Pasar Tradisional Pondok Labu, Jakarta Selatan, pada Jumat (3/2),  harga beras medium mencapai Rp 13.000 per kg. Padahal, Kementerian Perdagangan menetapkan Harga Eceran Tertinggi beras medium Rp 9.450 per kg.

Advertisement

Harga beras tersebut naik tajam dibandingkan dua pekan sebelumnya yang hanya mencapai Rp 10.500 per kg. Sementara beras kualitas bawah mencapai Rp 9.500 per kg, naik dari bulan sebelumnya Rp. 8.000 per kg.

Beras premium juga ikut naik hingga menca[ai Rp 14.000 per kg. Angka tersebut melonjak dibandingkan pada dua minggu sebelum nya yang hanya mencapai Rp 11.000 per kg.

Pedagang Beras, Muhammad Ridwan mengatakan kenaikan harga beras sudah terjadi sejak dua pekan lalu. Namun dia tidak mengetahui alasan yang pasti atas kenaikan harga beras tersebut. Dia meminta kepada pemerintah untuk bisa mengupayakan agar harga beras turun. 

“Mudah-mudahan pemerintah bisa segera menurunkan harga beras, agar tidak sepi pembeli. Saya juga kaget harganya bisa semahal ini,” ujar Ridwan di Pasar Pondok Labu, Jakarta pada Jumat (3/2).

Musim Paceklik

Sementara itu, mengutip data hargapangan.id yang dirilis Bank Indonesia, harga rata-rata nasional beras premium I mencapai Rp 13.700 per kg pada Jumat (3/2). Harga tersebut naik dibandingkan periode yang sama bulan lalu mencapai Rp 13.500 per kg.

Sedangkan untuk harga rata-rata nasional beras medium I mencapai Rp 12.550 per kg pada Jumat (3/2). Harga tersebut naik dibandingkan periode yang sama bulan lalu mencapai 12.400 per kg. Kemudian untuk harga rata-rata nasional beras bawah I mencapai Rp 11.200. Harga tersebut naik dibandingkan periode yang sama bulan lalu mencapai Rp 11.000 per kg.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement