Beralih ke Minyakita, Konsumen Minyak Goreng Premium Turun Signifikan

Nadya Zahira
8 Februari 2023, 06:38
Pedagang memperlihatkan minyak goreng kemasan bersubsidi Minyakita di salah satu Pasar Tradisional di Pekanbaru, Riau, Selasa (7/2/2023).
ANTARA FOTO/Rony Muharrman/aww.
Pedagang memperlihatkan minyak goreng kemasan bersubsidi Minyakita di salah satu Pasar Tradisional di Pekanbaru, Riau, Selasa (7/2/2023).

Konsumen minyak goreng sawit premium turun signifikan karena beralih ke minyak goreng subsidi Minyakita. Hal itu menyebabkan permintaan Minyakita membludak.

Pl Ketua Dewan Minyak Sawit Indonesia atau DMI, Sahat Sinaga, mengatakan bahwa konsumen minyak goreng premium pada 2021 masih 1,22 juta ton. Namun jumlah konsumen tersebut turun menjadi 1 juta ton pada 2022.

Advertisement

Tingginya permintaan Minyakita tersebut disebabkan karena harganya yang jauh di bawah minyak goreng premium yaitu Rp 14.000 per liter atau Rp 15.500 per kg. Minyakita juga telah menggunakan kemasan sehingga lebih higienis dibandingkan minyak curah.

Sahat mengatakan, banyaknya konsumen minyak goreng premium yang beralih ke Minyakita juga karena komoditas tersebut dijual di ritel modern. Kondisi itu membuat Minyakita bayak diserap oleh kalangan menengah ke atas.,

"Itu yang membuat langka. Jadi mereka yang punya duit itu lebih memilih beli Minyakita daripada minyak premium,” ujar Sahat dalam acara Konferensi Pers, di Kantor DMSI, Jakarta, Selasa (7/2).

Sahat mengatakan seharusnya Kementerian Perdagangan atau Kemendag tidak mendistribusikan Minyakita ke pasar ritel modern. Menurut Sahat, Minyakit seharusnya disalurkan oleh Perum Bulog sehingga lebih tepat sasaran.

“Bulog itu kan punya ratusan cabang di daerah untuk distribusi. Kenapa tidak ditugaskan Bulog, sanggup enggak Bulog? Kalau diserahkan ke swasta, yang terjadi akan selalu seperti ini," ujar Sahat.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement