Ada IKN, Super Air Jet Buka Rute Balikpapan ke Batam, Bandung, Manado

Tia Dwitiani Komalasari
8 Februari 2023, 07:33
Pesawat Super Air Jet
Instagram @superairjet
Pesawat Super Air Jet

Super Air Jet akan membuka rute baru untuk mendukung konektvitas menuju ibu kota negara atau IKN Nusantara. Akses menuju IKN Nusantara ini yaitu melalui Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan.

Direktur Utama Super Air Jet, Ari Azhari, mengatakan jika penambahan jaringan baru di Balikpapan akan semakin menawarkan ragam atau pilihan baru destinasi yang semakin menarik.

"Melalui salah satu pintu udara di Kalimantan Timur ini, Super Air Jet turut berkontribusi dalam memperlancar pengembangan Ibu Kota Negara baru, yaitu Nusantara yang berada di Kalimantan Timur," ujarnya melalui keterangan tertulis, Selasa malam (8/2).

Rute dari Balikpapan

Super Air Jet akan membuka rute baru pergi pulang menuju Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan dari:

  • Bandung (BDO) – Bandar Udara Husein Sastranegara, Jawa Barat.
  • Batam (BTH) – Bandar Udara Internasional Hang Nadim, Kepulauan Riau.
  • Manado (MDC) – Bandar Udara Internasional Sam Ratulangi, Sulawesi Utara.

    Sebelumnya, Super Air Jet juga sudah megoperasikan rute pergi pulang dari Bandara Balikpapan menuju empat kota yaitu:
  • Jakarta Soekarno-Hatta (CGK)
  • Yogyakarta Kulonprogo (YIA)
  • Surabaya (SUB)
  • Tarakan (TRK)

Ari mengatakan, Super Air Jet menawarkan penerbangan dengan harga yerjangkau yang menyasa pasar kalangan muda. "Kedepannya, rute maskapai berkode penerbangan IU ini diharapkan mampu menggugah minat travelers serta meyakinkan bahwa terbang itu sehat, aman dan menyenangkan," ujarnya.

Hasil survei Jajak Pendapat (JakPat) menunjukkan Garuda Indonesia menjadi maskapai penerbangan yang paling disukai masyarakat Indonesia. Maskapai penerbangan nasional itu disukai oleh 74,7% responden, sedangkan Citilink 39,1%, dan Lion Air 29,8%.

Ada pula 29,3% responden yang memilih Batik Air, 26,8% memilih Air Asia, 20,5% memilih Sriwijaya Air, dan 11,4% memilih Super Air Jet.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...