Beras Bulog Dijual di Toko Ritel Modern, Harga Rp 9.450 per Kg

Nadya Zahira
9 Februari 2023, 08:13
(kiri ke kanan) Dirut Perum Bulog Budi Waseso, Ketua Aprindo Roy N Mandey, dan Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi saat meninjau penjualan beras Bulog di ritel modern, Rabu (8/2).
Dokumentasi Badan Pangan Nasional
(kiri ke kanan) Dirut Perum Bulog Budi Waseso, Ketua Aprindo Roy N Mandey, dan Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi saat meninjau penjualan beras Bulog di ritel modern, Rabu (8/2).

Perum Bulog memperluas operasi pasar beras atau saat ini disebut Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) ke pasar ritel modern. Langkah ini bertujuan untuk memangkas mata rantai agar masyarakat lebih mudah menjangkau beras dengan harga sesuai Harga Eceran Tertinggi atau HET.

Kepala Badan Pangan Nasional atau National Food Agency, Arief Prasetyo Adi, mengatakan produk Bulog tersebut tersedia. Beras tersebut dijual dengan harga Rp 47.250 per 5 kg.

"Hari ini kita mengecek langsung ketersediaan beras SPHP Bulog di retail modern. Produknya tersedia. Saat ini masyarakat bisa datang dan membeli langsung di sejumlah gerai modern market, " ujarnya saat melakukan pengecekan langsung ketersediaan beras Bulog di modern market Hypermart Puri Indah, Jakarta, Rabu, (7/2/2023).

Arief menjelaskan, beras Bulog yang dijual di retail modern ini merupakan beras kualitas premium dengan kadar air 13,5 persen. Beras tersebut dijual di harga beras medium atau Rp 9.450 per kg sesuai jarga eceran tertinggi atau HET.

Dia mengatakan, penjualan beras tersebut telah diberi label dan harga. Hal itu dilakukan untuk mencegah praktik pengoplosan beras Bulog dengan lainnya. Selain itu, Arief menjamin kualitas dari beras Bulog.

"Masyarakat tidak perlu ragu, beras Bulog kalau dulu kualitasnya tidak bagus tapi sekarang saya menjamin kualitasnya bagus. Kalau kualitasnya nggak bagus kembalikan. Itu jaminan dari kita,” ungkapnya.

Dijual di Hypermart hingga Transmart

Ia menyebutkan, mayarakat bisa membeli beras ini di sejumlah gerai retail modern yang sudah bekerja sama dalam pendistribusian beras SPHP Bulog diantaranya, Hypermart, Ramayana, Indogrosir, dan Transmart. Terlaksananya pendistribusian beras Bulog melalui retail modern ini tidak terlepas dari kolaborasi dan dukungan dari Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...