Luhut Restui Harga Tiket Candi Borobudur Rp 100.000 hingga Rp 500.000

Tia Dwitiani Komalasari
9 Februari 2023, 17:41
Sejumlah Bhiksu melakukan meditasi di halaman Candi Borobudur saat doa bersama di Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Minggu (20/11/2022).
ANTARA FOTO/Anis Efizudin/foc.
Sejumlah Bhiksu melakukan meditasi di halaman Candi Borobudur saat doa bersama di Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Minggu (20/11/2022).

Menteri Pariwisata Ekonomi Kreatif atau Menparekraf, Sandiaga Salahuddin Uno, memperkirakan penetapan tarif baru untuk masuk kawasan Candi Borobudur sebesar Rp 100 ribu sampai dengan Rp 150 ribu untuk wisatawan nusantara wisnus, dan Rp500 ribu untuk wisatawan mancanegara. Sandi pun telah mendapat restu dari Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, serta bakal melapor kepada Presiden RI Joko Widodo jika PT TWC sudah siap.

"Jadi, ancer-ancer-nya menurut saya yang nanti TWC akan kaji itu antara Rp100 ribu dan Rp150 ribu dan wisatawan mancanegara itu Rp500 ribu," ujar Sandi usai menghadiri rapat koordinasi dengan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi di Jakarta, Rabu (8/2), seperti dikutip dari Antara.

Advertisement

PT Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko akan merampungkan finalisasi penetapan tarif tersebut. Sandi mengatakan, menyerahkan pada TWC termasuk kesiapan pemandu wisata.

Dia mengatakan, wisata Candi Borobudur juga telah diujicobakan kepada sekitar ratusan peserta ASEAN Travel Forum (ATF) 2023. Menurut dia, uji coba tersebut telah berjalan lancar.

Saat uji coba, para peserta ATF 2023 mendapatkan pengalaman untuk paket edukasi dan konservasi. Adapun paketnya meliputi sandal upanat yg sesuai dengan relief Borobudur untuk menahan degradasi dari batu batuan candi dan juga paket Informasi atau pemandu wisata.

Prambanan dan Ratu Boko Dipugar

Sementara itu, PT Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko mendukung penuh upaya konservasi Candi Prambanan melalui pemugaran Candi Perwara yang berada di sekelilingnya.

"Hal ini sesuai dengan langkah PT TWC untuk menggaungkan inspiring tourism yang mengedepankan narasi, konten kreatif, experience sebagai nyawa dari destinasi," kata Direktur Utama PT TWC Febrina Intan pada peresmian purna pugar Candi Perwara, Candi Prambanan, Yogyakarta, Jumat (3/2).

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement