Pedagang Pasar Masih Sulit Dapatkan Stok Minyakita, Harga di Atas HET

Nadya Zahira
10 Februari 2023, 09:11
Pedagang menata minyak goreng MinyaKita kemasan botol satu liter di Pamulang, Tangerang, Selatan, Banten, Rabu (8/2/2023).
ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/tom.
Pedagang menata minyak goreng MinyaKita kemasan botol satu liter di Pamulang, Tangerang, Selatan, Banten, Rabu (8/2/2023).

Minyakita saat ini masih langka dan dijual diatas harga eceran tertinggi atau HET di pasar tradisional. Pedagang pasar pun masih kesulitan dan dibatasi saat ingin mendapatkan stok Minyakita dari distributor.

Berdasarkan pantauan di Pasar Tradisional Parung, Bogor, Jumat (10/2), Minyakita masih dijual namun jumlahnya sangat sedikit. Minyakita dijual dengan harga Rp 16.000 per liter di pasar Tradisional Parung, Bogor. Padahal HET Minyakita dan minyak goreng curah ditetapkan senilai Rp 14.000 per liter.

Advertisement

Salah satu penjual minyak goreng di Pasar Tradisional Parung, Bogor, Muhammad Jaelani mengatakan, dirinya menjual Minyakita seharga Rp 16.00 per liter. Pasalnya, dia mendapatkan Minyakita dari agen senilai Rp 15.000 per liter, dan stoknya saat ini makin sulit untuk di dapatkan. 

Dia mengatakan, banyak pedagang yang enggan menjual Minyakita. Apalagi jika pemerintah mensyaratkan pembelian Minyakita harus menggunakan KTP. Namun demikian, saat ini syarat KTP tersebut belum diimplementasikan.

“Belum diwajibkan menunjukkan KTP, kalau yang mau beli ya beli saja. Lagian sekarang stoknya sedikit, malah beberapa pedagang ada yang sudah tidak menjual Minyakita karena tidak kebagian stoknya," ujar Jaelani kepada Katadata.co.id, Jumat (10/2).

Konsumen Kecewa Minyakita Langka

Salah satu konsumen produk Minyakita, Marhamah, merasa kecewa lantaran Minyakita saat ini tengah langka di pasaran. Dia mengatakan, sulit untuk mendapatkan Minyakita. Bahkan pembeliannya pun dibatasi oleh penjual minyak goreng.

"Agak kecewa karena Minyakita sekarang sudah langka, kadang kalau saya beli Minyakita di pasar cuma bisa beli paling banyak sampai tiga liter saja," ujarnya kepada Katadata.co.id, Jumat (10/2).

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement