KCI Tambah 31 Perjalanan KRL Antisipasi Kepadatan Stasiun Manggarai

Tia Dwitiani Komalasari
13 Februari 2023, 07:40
Sejumlah penumpang kereta rel listrik (KRL) Commuter line menuruni anak tangga setibanya di Stasiun Manggarai, Jakarta, Jumat (9/12/2022). \
ANTARA FOTO/Darryl Ramadhan/nz.
Sejumlah penumpang kereta rel listrik (KRL) Commuter line menuruni anak tangga setibanya di Stasiun Manggarai, Jakarta, Jumat (9/12/2022).

Manajemen PT KAI Commuter Indonesia atau KCI menambah sebanyak 31 pengumpan atau feeder sebagai antisipasi kepadatan penumpang transit di Stasiun Manggarai terutama pada jam sibuk.

"KAI Commuter mengoptimalkan sebanyak 31 perjalanan commuterline pengumpan tambahan dengan 17 perjalanan pada jam sibuk pagi hingga siang dengan relasi Manggarai-Angke/Kampung Bandan pp," kata Vice President Corporate Secretary PT KCI Anne Purba dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu (13/2).

Advertisement

Sementara pada jam sibuk sore hingga malam, KAI Commuter mengoperasikan sebanyak 14 perjalanan commuterline pengumpan tambahan untuk relasi Manggarai-Angke/Kampung Bandan dan Manggarai-Bekasi pp.

Menurut dia, kepadatan penumpang biasanya terjadi pada jam sibuk, yakni pukul 06.00 hingga 8.30 WIB dan 15.30 hingga 18.00 WIB sehingga tidak lebih dari tiga jam. Nantinya kepadatan penumpang ini akan terurai sesuai dengan kereta tujuan yang waktu kedatangannya hampir bersamaan di Stasiun Manggarai.

Perluasan Stasiun

Anne mengatakan, saat ini Direktorat Jenderal Perkeretaapian atau DJKA Kementerian Perhubungan sedang dalam proses perluasan Stasiun Manggarai. Tujuan pembangunan merupakan antisipasi dari tingginya mobilisasi masyarakat.

"Saat ini pembangunan sudah 60 persen dan masih terus berlangsung," katanya.

PT KAI Commuter Indonesia bersama KAI Daerah Operasi 1 Jakarta juga terus berkoordinasi dengan DJKA dalam memenuhi fasilitas-fasilitas pelayanan yang ada di area Stasiun Manggarai. Untuk meningkatkan pelayanan, KAI Commuter menyiagakan petugas-petugas yang siap melayani jika pengguna membutuhkan informasi dan bantuan.

KAI Commuter juga terus mengimbau kepada seluruh pengguna agar menggunakan aplikasi KRL Access untuk merencanakan perjalanan, mengecek jadwal perjalanan hingga kepadatan stasiun.

Tren pengguna KRL Commuter Line terus meningkat sepanjang 2022. Pengguna KRL Jabodetabek diprediksi menyentuh 900 ribu orang pada hari kerja dan lebih dari 600 ribu pengguna pada hari libur.
 

Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement