Wamen BUMN: Indonesia dan Cina Sepakati Kenaikan Biaya Kereta Cepat

Tia Dwitiani Komalasari
13 Februari 2023, 14:30
Rangkaian comprehensive inspection train (CIT) Kereta Cepat menjalani persiapan untuk uji coba dinamis di jalur Tegalluar, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Selasa (15/11/2022). Presiden Joko Widodo bersama Presiden China Xi Jinping direncanakan akan meliha
ANTARA FOTO/Novrian Arbi/nz
Rangkaian comprehensive inspection train (CIT) Kereta Cepat menjalani persiapan untuk uji coba dinamis di jalur Tegalluar, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Selasa (15/11/2022). Presiden Joko Widodo bersama Presiden China Xi Jinping direncanakan akan melihat secara daring proses uji coba dinamis Kereta Cepat Jakarta Bandung sepanjang 15 km dengan kecepatan terbatas 80 km/jam pada gelar showcase G20 Bali, Rabu (16/11).

Pemerintah Indonesia dan China telah menyepakati kenaikan biaya atau cost overrun Kereta Cepat Jakarta-Bandung. Kesepakatan tersebut diharapkan bisa  menuntaskan proyek KCJB te[at waktu dan beroperasi [ada pertengahan 2023.

"Kemarin kami baru dari Beijing, China di mana kita telah sepakat cost overrun yang disepakati oleh Indonesia dan China sehingga bisa cair segera ke PT KCIC," ujar Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo atau yang akrab disapa Tiko dalam Rapat Kerja bersama Komisi VI DPR yang dipantau secara daring di Jakarta, Senin (13/2).

Tiko juga menyampaikan apresiasinya atas dukungan para anggota Komisi VI DPR terkait persetujuan penyertaan modal negara (PMN) untuk mengatasi kenaikan biaya.

"Kami saat ini sedang menegosiasikan term untuk pinjaman dari China Development Bank (CDB) yang diharapkan bisa selesai dalam satu atau dua pekan sehingga diharapkan nantinya penyelesaian kereta cepat dapat sesuai dengan jadwal operasional yakni Juni atau Juli 2023," katanya.

Tiko juga berharap operasional kereta cepat yang nantinya kemungkinan bersamaan dengan kereta LRT nantinya interkoneksi kedua moda transportasi publik tersebut bisa terjadi pada 17 Agustus 2023 atau bertepatan dengan perayaan HUT Kemerdekaan RI.

Sebelumnya, Komisi VI DPR menyetujui tambahan Penyertaan Modal Negara atau PMN tahun 2022 sebesar Rp3,2 triliun kepada PT Kereta Api Indonesia (Persero) untuk menyelesaikan proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung. Proyek tersebut mengalami kenaikan biaya.

DPR meminta Kementerian BUMN untuk memastikan bahwa PMN yang diberikan dapat digunakan KAI untuk menyelesaikan proyek KCJB secara tepat waktu, yakni pada Juni 2023 sesuai timeline yang telah ditetapkan. Kemudian PMN tersebut diharapkan tepat biaya sehingga tidak menimbulkan cost overrun lagi, tepat kualitas, dan tepat guna untuk memberikan manfaat bagi masyarakat dan pertumbuhan ekonomi.

Kereta Cepat Jakarta-Bandung masuk proyek strategis nasional (PSN) yang dibangun melalui kerja sama Indonesia dan China.
Pengerjaan proyek ini menggunakan teknologi tinggi dan melalui transfer pengetahuan dan teknologi sehingga pekerja di Indonesia memiliki kesempatan untuk meningkatkan kompetensinya.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...