Pakar Bisnis Kuliner Ungkap 3 Sebab Banyak Restoran Viral Berguguran

Tia Dwitiani Komalasari
14 Februari 2023, 14:16
CARA MEMULAI USAHA KULINER
PEXEL

Sejumlah restoran ternama banyak yang sepi dan bahkan menutup gerai restorannya. Padahal bisnis kuliner tersebut tersebut sebelumnya sempat viral dan membuka ekspansi di berbagai kota.

GM Corporate Communication Foodizz Academy, Sarita Sutedja, mengatakan terdapat banyak faktor yang menyebabkan cafe restoran dan cafe tutup. Namun secara umum, ada beberapa faktor yang mungkin terjadi.

Sarita pun menbagikan tiga faktor penyebab banyaknya cafe dan restoran tutup, yaitu:

1. Pandemi

Sarita mengatakan, brand restoran lokal maupun internasional terdampak saat pandemi. Banyak dari mereka yang tutup karena bisnis modelnya tidak siap untuk situasi tersebut. Apalagi jika restoram tersebut mengandalkan dine in atau makan di tempat sebagai sumber pendapatan utama.

Di sisi lain juga, pandemi juga terjadi cukup lama yaitu hampir lebih dari 2 tahun. sehingga banyak sekali faktor yang perlu dipertimbangkan dalam menjalankan bisnis termasuk misalnya menutup dulu bisnis untuk mengamankan cash flow sampai menunggu situasi membaik, seperti tahun 2023 ini.

2. Perubahan Market

Sarita mengatakan bisnis antar makanan atau delivery food meningkat cukup tajam karena pandemi. Hal ini menjadikan banyak perusahaan bisnis antar makanan yang muncul saat itu dan bahkan menarik investor masuk

Namun pada 2023, bisnis luar jaringan atau offline kembali lagi sehingga terjadi lagi. Hal itu menyebabkan terjadinya pergeseran konsumen di mana kebutuhan pengiriman makanan pun turun.

" Nah perubahan market seperti ini juga menjadi penyebab bisnis harus kembali di adjust agar bisa bertahan," ujarnya kepada Katadata.co.id, Senin (13/2).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...