MRT Bundaran HI-Kota Lewati 7 Stasiun Bawah Tanah, Ini Progressnya

Nadya Zahira
15 Februari 2023, 11:17
Sejumlah pekerja menyelesaikan proyek Moda Raya Terpadu (MRT) Fase II di Jalan MH Thamrin, Jakarta, Rabu (13/7/2022).
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/rwa.
Sejumlah pekerja menyelesaikan proyek Moda Raya Terpadu (MRT) Fase II di Jalan MH Thamrin, Jakarta, Rabu (13/7/2022).

Stasiun MRT Jakarta fase 2A Bundaran HI hingga Kota akan melewati tujuh stasiun bawah tanah. Saat ini, pengerjaan pembangunan Stasiun Thamrin dan Monas fase 2A MRT Jakarta berjalan sesuai jadwal, dengan perkembangan pembangunan telah mencapai 51% per 25 Januari 2023.

Tujuh stasiun MRT fase 2A tersebut yaitu Thamrin, Monas, Harmoni, Sawah Besar, Mangga Besar, Glodok, dan Kota. Fase 2A MRT Jakarta akan menghubungkan Stasiun Bundaran HI hingga Kota sepanjang sekitar 5,8 kilometer .

Advertisement

Sekretaris Perusahaan PT MRT Jakarta (Perseroda) Ahmad Pratomo mengatakan, untuk pembangunan Stasiun Monas sudah masuk ke tahap selanjutnya yakni, meliputi tahap pekerjaan pengecoran base slab ventilation tower, pemasangan ventilasi terowongan dan kolom stasiun.

"Selain itu, juga telah masuk pada tahap pengecoran roof slab gardu induk, dan persiapan shaft box jacking entrance 1 stasiun di Jalan Museum," ujarnya melalui keterangan resmi, Rabu (15/2).

Sementara untuk di Stasiun Thamrin, pekerjaan yang sedang dilakukan meliputi pekerjaan penggalian dan pengecoran roof slab pada sisi selatan stasiun, pembangunan D-Wall sisi utara stasiun, dan pekerjaan jet grouting sisi selatan dan utara stasiun.

Kemudian, per 25 Januari 2023, juga dilakukan pengerjaan mesin bor terowongan 1 (TBM-1) dan telah berhasil membangun terowongan northbound dari Stasiun Thamrin menuju Stasiun Bundaran HI sepanjang 395 meter dari total 562 meter. 

Sedangkan mesin bor terowongan 2 (TBM-2) telah menyelesaikan pembangunan dua terowongan antara Stasiun Thamrin dan Bundaran HI, "Saat ini, TBM-2 sedang dalam persiapan pengeboran terowongan dari Stasiun Monas menuju Stasiun Harmoni," ujar Ahmad.

Stasiun Harmoni - Mangga Besar

Tak hanya itu, selanjutnya untuk CP 202 yaitu Stasiun Harmoni—Sawah Besar—Mangga Besar, per 25 Januari 2022 telah mencapai 9% sejak diresmikan pada 18 Juli 2022 lalu.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement