Bahlil Bantah Kabar LG Hengkang dari Proyek Baterai Listrik Indonesia

Nadya Zahira
16 Februari 2023, 16:48
Menteri Investasi Bahlil Lahadalia.
Humas BKPM
Menteri Investasi Bahlil Lahadalia.

 Menteri Investasi atau Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal, Bahlil Lahadalia, membantah kabar LG Energy Solution hengkang dari proyek pengembangan baterai listrik dengan PT Indonesia Battery Corporation atau IBC. Hal itu menanggapi kabar yang menyebutkan LG menarik diri dari rencana penghiliran prekursor, katoda, sel baterai hingga daur ulang baterai.

“Saya sudah cek ke Direktur Utamanya, dia tidak bilang akan keluar dari kerja sama tersebut," ujar Bahlil  dalam konferensi pers, di Kantor Kementerian Investasi, Jakarta, Kamis (16/2).

Dia mengatakan, baru rapat bersama LG Energy Solution di kantor Kementerian Investasi empat hari lalu. Proses kerja sama proyek pengembangan baterai listrik tersebut tidak ada perubahan.

Bahlil mengatakan , proyek tersebut masih terus berjalan. Namun demikian, ada perubahan pada jumlah anggota konsorsium.

“Mereka hanya melaporkan bahwa ada perubahan konsorsium yang sebelumnya 4, menjadi 5. Saya pikir itu hanya aksi korporasi biasa,” ujarnya. 

Investasi Rp 122 Triliun

Bahlil menyayangkan adanya kabar pembatalan investasi tersebut. Kabar tidak benar tersebut membuat investor yang ingin investasi ke Indonesia menjadi ragu.

 “Jadi saya sampaikan bahwa itu hanya salah persepsi dan LG tetap jalan terus. Ini investasinya sudah berjalan gimana bisa batal? 10 giga sudah dibangun di Karawang, dan masa konstruksinya selesai 2023 ini,” ujarnya.

Selain itu, dia menyebutkan bahwa nilai investasi yang dikeluarkan oleh LG sudah sebesar US$ 8 miliar atau sekitar Rp 122,79 triliun. Sehingga menurutnya tidak mungkin bahwa kerja sama proyek tersebut dibatalkan.

Sementara itu, PT Indonesia Battery Corporation atau IBC juga menegaskan konsorsium LG Energy Solution (LGES) tetap berkomitmen untuk bergabung ke dalam proyek patungan pabrik baterai listrik yang ditargetkan berjalan paling lambat pada 2026. 

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...