Jelang Larangan Ekspor Emas, Bahlil Dorong Smelter Freeport Rampung

Nadya Zahira
17 Februari 2023, 10:08
Sejumlah pekerja menyelesaikan pembangunan proyek Smelter Freeport di kawasan Java Integrated and Industrial Port Estate (JIIPE), Gresik, Jawa Timur, Kamis (2/2/2023). Pembangunan proyek tersebut kini mencapai 51,7 persen dan ditargerkan selesai pada akhi
ANTARA FOTO/Rizal Hanafi/Zk/aww.
Sejumlah pekerja menyelesaikan pembangunan proyek Smelter Freeport di kawasan Java Integrated and Industrial Port Estate (JIIPE), Gresik, Jawa Timur, Kamis (2/2/2023). Pembangunan proyek tersebut kini mencapai 51,7 persen dan ditargerkan selesai pada akhir 2023.

Presiden Joko Widodo telah menyampaikan akan berencana untuk melarang ekspor emas yang dilakukan secara bertahap. Menanggapi hal ini, Menteri Investasi atau Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal atau BKPM Bahlil Lahadalia mengatakan larangan ekspor emas sudah sejalan dengan moratorium ekspor komoditas mineral lainnya.

“Larangan ekspor emas yang telah disampaikan Pak Jokowi sebelumnya, memang sudah sejalan dengan moratorium ekspor komoditas mineral lainnya, seperti nikel, baukit, tembaga dan timah,” ujar Bahlil saat ditemui awak media, di Kantor Kementerian Investasi, Kamis (16/2).

Advertisement

Bahlil menuturkan, PT Freeport Indonesia atau PTFI saat ini tengah membangun smelter konsentrat tembaga di Gresik, Jawa Timur. Nantinya hilirisasi yang mencakup tembaga dan emas akan dilakukan di smelter tersebut.

“Jadi konsentrat itu dipisahkan langsung. Berapa emasnya, berapa tembaganya, atau berapa turunan yang lainnya,” ujarnya.

Namun demikian, Bahlil belum mengetahui secara pasti terkait teknis dari pelarangan ekspor emas tersebut dan kapan akan direalisasikan. Meski begitu, dia menegaskan akan terus memastikan bahwa pemurnian konsentrat emas harus dilakukan di dalam negeri.

Larangan Ekspor Tembaga

Selain akan melarang ekspor emas, sebelumnya Presiden Joko Widodo juga berencana untuk melarang ekspor tembaga pada pertengahan tahun ini. Langkah tersebut merupakan bagian dari rencana industrialisasi Presiden Jokowi pada sisa masa pemerintahannya. 

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement