Proyek Pembangunan MRT Bekasi-Jakarta Segera Dimulai

Tia Dwitiani Komalasari
17 Februari 2023, 13:28
Petugas melakukan perawatan pada rangkaian MRT di Depo MRT Lebak Bulus, Jakarta, Selasa (6/12/2022). Pemeliharaan dan perawatan menyeluruh kereta Ratangga MRT Jakarta meliputi pemeriksaan harian, bulanan dan pengecekan dan perawatan besar yang dilakukan s
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/nym.
Petugas melakukan perawatan pada rangkaian MRT di Depo MRT Lebak Bulus, Jakarta, Selasa (6/12/2022). Pemeliharaan dan perawatan menyeluruh kereta Ratangga MRT Jakarta meliputi pemeriksaan harian, bulanan dan pengecekan dan perawatan besar yang dilakukan selama empat tahun sekali seperti "overhaul" atau turun mesin.

Proyek pembagunan Mass Rapid Transit atau MRT dari Cikarang, Bekasi ke Jakarta akan segera dimulai. Rute MRT tersebut rencananya akan berakhir di Balaraja, Tangerang, Banten.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, mengatakan Penjabat Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, dan Plt Walikota Bekasi Tri Adhianto Tjahyono telah menandatangani kerja sama tahap 1, Jumat (17/2). Kerjasama tahap 1 menghubungkan Tomang di DKI Jakarta dan ruas Medan Satria Kota Bekasi.

"Semoga dilancarkan dan jika terwujud akan mengurangi pergerakan warga Bekasi menuju DKI atau sebaliknya yang biasanaik kendaraan pribadi menjadi beralih ke transportasi massal," ujar Ridwan Kamil dikutip dari Instagramnya, Jumat (17/2).

MRT Bundaran HI-Kota

Sementara itu, proyek MRT Bundara Hotel Indonesia - Kota masih dalam proses pengerjaan. Stasiun MRT Jakarta fase 2A Bundaran HI hingga Kota akan melewati tujuh stasiun bawah tanah.

Tujuh stasiun MRT fase 2A tersebut yaitu Thamrin, Monas, Harmoni, Sawah Besar, Mangga Besar, Glodok, dan Kota. Fase 2A MRT Jakarta akan menghubungkan Stasiun Bundaran HI hingga Kota sepanjang sekitar 5,8 kilometer .

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...