Kemenhub Gelar Angkutan Motor Gratis Lebaran, Pendaftaran 1 Maret

Nadya Zahira
23 Februari 2023, 08:20
Petugas merapikan motor yang sudah dimuat ke dalam gerbong untuk dikirim menggunakan kereta di Stasiun Kampung Bandan, Jakarta Utara, Selasa (26/4/2022).
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Petugas merapikan motor yang sudah dimuat ke dalam gerbong untuk dikirim menggunakan kereta di Stasiun Kampung Bandan, Jakarta Utara, Selasa (26/4/2022).

Kementerian Perhubungan atau Kemenhub kembali menggelar program Motis atau Motor Gratis guna mendukung Angkutan Lebaran 2023. Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api, Djarot Tri Wardhono mengatakan Kemenhub akan menyiapkan sebanyak 10.440 slot motor yang secara gratis dikirimkan ke lokasi tujuan mudik penumpang pada Lebaran mendatang.

"Terlebih di tahun ini kami sediakan kapasitas Motis yang jauh lebih banyak daripada tahun lalu, karena kondisi Covid-19 saat ini sudah jauh lebih kondusif, " ujar Djarot melalui keterangan resmi, yang dikutip Kamis (23/2).]

Djarot menuturkan, respons dan animo masyarakat terhadap program Motis menunjukan trend peningkatan yang cukup signifikan setiap tahunnya. Terbukti sejak awal diluncurkan program ini pada 2013, minat masyarakat akan penyelenggaran Motis oleh pemerintah cukup tinggi.

“Tercatat pada tahun 2019 sebanyak 19 ribu lebih unit sepeda motor telah berhasil difasilitasi pengirimannya secara gratis oleh DJKA," ujarnya.

Motis 2023 akan melayani tiga lintas pelayanan diantaranya:

1. Lintas Utara dengan rute Cilegon - Jakarta Gudang - Semarang Tawang.

2. Lintas Tengah dengan rute Jakarta Gudang - Purwosari.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...