Tol Cibitung-Cilincing Seksi 4 Bakal Beroperasi Gratis Selama Ramadan

Tia Dwitiani Komalasari
23 Februari 2023, 08:59
Petugas menggunakan alat berat menyelesaikan pembangunan Jalan Tol Cibitung-Cilincing (JTCC) seksi 4 di Marunda, Jakarta Utara, Senin (7/11/2022). Pembangunan Tol JTCC seksi 4 ruas Tarumajaya-Cilincing sepanjang 7,28 Km saat ini progres pembangunannya te
ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/hp.
Petugas menggunakan alat berat menyelesaikan pembangunan Jalan Tol Cibitung-Cilincing (JTCC) seksi 4 di Marunda, Jakarta Utara, Senin (7/11/2022). Pembangunan Tol JTCC seksi 4 ruas Tarumajaya-Cilincing sepanjang 7,28 Km saat ini progres pembangunannya telah mencapai 87,23 persen dan ditargetkan dapat beroperasi pada awal tahun 2023.

PT Pelindo Solusi Logistik akan menggratiskan pengoperasian  Tol Cibitung Cilincing Seksi 4, Cilincing, Jakarta Utara, selama bulan Ramadan 2023. Kebijakan ini bertujuan untuk memberi kesempatan kepada masyarakat merasakan pengalaman melaju di jalan tol sepanjang 7,28 kilometer itu.

Direktur Utama PT Pelindo Solusi Logistik Joko Noerhudha mengatakan rencana menggratiskan tarif Jalan Tol Cibitung Cilincing Seksi 4 sudah melalui pertimbangan. Masyarakat sudah diperbolehkan melalui Gerbang Tol Marunda menuju Gerbang Tol Semper, atau sebaliknya, tanpa dipungut biaya.

Advertisement

"Ya mungkin akan seperti itu idealnya supaya masyarakat mulai menggunakan, harusnya di awal-awal pengoperasian, bahkan mungkin di awal Ramadan itu JTCC seksi 4 bisa kita lakukan untuk beroperasi secara gratis," ujar Joko.

Saat ini konstruksi utama JTCC seksi 4, yang memiliki panjang 7,28 kilometer sudah berdiri. Namun masih ada pekerjaan tambahan seperti pemasangan pembatas dan marka jalan, rambu-rambu, dan sebagian pengaspalan. Pengerjaan tersebut diperkirakan memakan waktu sepekan.

"Yang lagi dikerjakan untuk konstruksi  itu tinggal 50 meter saja" kata Joko.

Konstruksi JTCC seksi 4 memanjang dari Gerbang Tol Marunda sampai dengan simpangan (interchange) Cilincing yang tersambung dengan Tol Semper hingga tol JORR 2. Penyelesaian pembangunan Seksi 4 ini merupakan tahap terakhir dari keseluruhan proyek strategis nasional Jalan Tol Cibitung-Cilincing yang memiliki panjang total 34,7 kilometer.

Setelah pembangunan rampung di bulan Februari ini, asesmen berupa uji kelayakan fungsi serta operasi akan dilakukan pada Maret mendatang.

Joko mengatakan, saat ini pihaknya sudah mengajukan untuk dilakukan uji laik fungsi ke pihak terkait. Dia berharap izin operasional jalan tol itu bisa mereka dapatkan sebelum lebaran pada April 2023 nanti.

"Agar kehadiran seluruh seksi JTCC secara total bisa membantu distribusi orang maupun barang di Jakarta. Jadi sebelum lebaran ini menjadi salah satu seksi transportasi yang bisa beroperasi untuk membantu mengurai dan memperlancar transportasi barang dan orang," kata Joko.

Menurut Joko, anggaran belanja modal atau capital expenditure keempat seksi Jalan Tol Cibitung-Cilincing itu mencapai Rp12,9 triliun dan biaya konstruksi sebesar Rp9,5 triliun.

Kalau keempat seksi JTCC sudah beroperasi secara total, dia memperkirakan Lalu lintas Harian Rata-rata dapat mencapai 50 ribu kendaraan perhari. Saat ini dari tiga seksi yang sudah rampung dan beroperasi saja, menurut Joko, LHR di JTCC masih sekitar 22 ribu-24 ribu.

Diketahui, Jalan Tol Cibitung Cilincing terdiri dari 4 seksi, yaitu Seksi 1 Cibitung-Telaga Asih, Seksi 2 Telaga Asih-Gabus, Seksi 3 Gabus Tarumajaya, dan Seksi 4 Tarumajaya-Cilincing.

Seksi 1 telah beroperasi sejak 31 Juli 2021, Seksi 2 dan Seksi 3 juga sudah beroperasi sejak jalan tol ini diresmikan penggunaannya oleh Presiden Joko Widodo pada bulan September 2022.

Keberadaan jalan tol dengan panjang keseluruhan 34,7 kilometer ini diharapkan dapat mengurai kemacetan dan mempermudah akses pelaku industri dari dan menuju ke kawasan Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement