Ditemukan Selamat, Ini Alasan Dosen UII Mengubah Rute ke AS

Tia Dwitiani Komalasari
26 Februari 2023, 12:03
 Dosen Universitas Islam Indonesia (UII) Ahmad Munasif Rafie Pratama. Foto; Antara,.
Antara
Dosen Universitas Islam Indonesia (UII) Ahmad Munasif Rafie Pratama. Foto; Antara,.

Dosen UII atau Universitas Islam Indonesia Yogyakarta Ahmad Munasir Rafie Pratama yang sempat hilang kontak ditemukan selamat di Amerika Serikat. Ahmad Munasir beralasan pengalihan rute penerbangan ke Amerika Serikat disebabkan karena faktor kesehatan. 

Keberadaan Ahmad Munasir diketahui setelah membalas korespondensi  melalui surat elektronik yang dikirimkan oleh UII. 

Advertisement

"UII telah mencermati alasan kondisi kesehatan Ahmad Munasir yang menjadi penyebab pengalihan rute penerbangan ke Amerika Serikat dan disampaikan melalui penjelasan Ahmad Munasir di dalam balasan 'e-mail'," kata Rektor UII Fathul Wahid dalam keterangannya di Yogyakarta, Jumat (26/2) seperti dikutip dari Antara.

Melalui pesan itu pula, menurut Fathul, Dosen Jurusan Informatika Fakultas Teknik Informatika UII itu memohon maaf kepadanya dan seluruh sivitas akademika UII atas kegaduhan yang muncul terkait dirinya beberapa waktu terakhir.

"UII mendoakan semoga AMRP lekas mendapatkan kembali kesehatan yang prima," ujar dia.

Menurut dia, UII akan memberi pendampingan dan dukungan layanan kesehatan bagi Rafie apabila diperlukan. Atas nama UII, ia mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu penelusuran dan pengungkapan kasus perjalanan dosen tersebut.

Konjen RI Temui Langsung

Direktur Perlindungan WNI dan BHI Kementerian Luar Negeri RI Judha Nugraha dan Konsul Jenderal RI di New York Winanto Adi telah menjalin komunikasi langsung dengan Ahmad Munasir.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement