Lion Air Investigasi Penyebab Ponsel yang Terbakar di Pesawat

Tia Dwitiani Komalasari
26 Februari 2023, 12:39
Lion Air
Arief Kamaludin|KATADATA
Lion Air

Tim investigasi dari otoritas penerbangan sipil Indonesia dan Lion Air sedang melakukan proses penyelidikan guna mengetahui penyebab pasti ponsel yang terbakar di pesawat. Insien tersebut menyebabkan pesawat JT-693 gagal terbang dari Bandara Eltari Kupang menuju Bandara Juanda Surabaya, Minggu (26/2).

"Saat ini, ponsel tersebut dalam tahap pemeriksaan oleh tim ahli untuk menentukan sesuai standar keamanan yang ditetapkan oleh regulator penerbangan," ujar Corporate Communications Strategic Lion Air, Danang Mandala Prihantoro, melalui keterangan tertulis, Minggu (26/2).

Advertisement

Dia mengatakan, Lion Air tidak akan berspekulasi mengenai penyebab terbakarnya ponsel di pesawat hingga proses penyelidikan sesuai dengan regulasi penerbangan selesai dilakukan.

"Pengecekan pesawat dan investigasi tidak dapat dijalankan secara cepat dan instan," kata Danang.

Dia mengatakan, insiden tersebut menyebabkan terjadi keterlambatan keberangkatan penerbangan rute Kupang ke Surabaya. Lion Air sangat fokus mengutamakan keamanan dan keselamatan dalam setiap penerbangan.

"Lion Air mengingatkan kepada seluruh penumpang selalu mengikuti instruksi kru penerbangan dan tidak membawa barang-barang yang berpotensi membahayakan dalam kabin pesawat," ujarnya.

Kronologi Kejadian

Sebelumnya, pesawat Lion Air dengan registrasi PK-LQS jenis Boeing 737-900 ER dijadwalkan berangkat pukul 06.15 WITA, Minggu (26/2). Pesawat membawa 163 penumpang dengan rute Bandar Udara Eltari, Kupang, Nusa Tenggara Timur tujuan Bandar Udara Internasional Juanda di Sidoarjo, Jawa Timur (SUB) dengan nomor terbang JT-693.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement