Bendung Salugan di Sulawesi Tengah Rampung, Habiskan Rp 212 Miliar

Nadya Zahira
27 Februari 2023, 09:19
Bendung Salugan
Kementerian PUPR
Bendung Salugan

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR melalui telah merampungkan pembangunan Bendung  Salugan yang berada di Kabupaten Toli-Toli. Bendungan ini berada sekitar 700 kilometer ke arah Utara Kota Palu, Provinsi Sulawesi Tengah.

Staf Ahli Menteri Bidang Teknologi, Industri dan Lingkungan sekaligus Juru Bicara Kementerian PUPR Endra S. Atmawidjaja mengatakan, bendungan tersebut untuk meningkatkan produktivitas pertanian dalam rangka menjaga ketahanan pangan nasional.

"Kami telah membangun banyak bendungan dan bendung di berbagai daerah. Untuk selanjutnya kami membangun dan merehabilitasi jaringan irigasi untuk mengalirkan air hingga sawah-sawah masyarakat," ujar Endra melalui keterangan resmi, yang dikutip Senin (27/2).

Endra menyebutkan, daerah Irigasi atau DI Salugan tersebut mempunyai luas baku sawah sebesar 3.286 hektare (Ha) yang tersebar pada 5 Desa yaitu Oyom, Sibea, Janja, Salugan dan Lampasio, Kecamatan Lampasio, Kabupaten Toli-Toli Provinsi Sulawesi Tengah.

Selain itu, dia mengatakan, Salugan merupakan daerah Irigasi potensial untuk peningkatan produksi pangan di wilayah tersebut. Hal itu mengingat luas baku sawah  serta pasokan air yang cukup besar. 

"Pembangunan bendung dan jaringan irigasi Salugan memberikan manfaat bagi pengembangan sektor pertanian dan perkebunan dengan komoditas unggulan bernilai ekonomi tinggi," ujarnya.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...