Jalan Tol Kartasura-Klaten Ditargetkan Selesai Desember, Akses ke NYIA

Tia Dwitiani Komalasari
28 Februari 2023, 06:07
Kiri ke kanan: Menteri Keuangan Sri Mulyani, Gubernur Jawa tengah Ganjar Pranowo, dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono mengecek progress pembangunan Tol Kartasura-Klaten, Senin (27/2).
Kementerian PUPR
Kiri ke kanan: Menteri Keuangan Sri Mulyani, Gubernur Jawa tengah Ganjar Pranowo, dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono mengecek progress pembangunan Tol Kartasura-Klaten, Senin (27/2).

Jalan Tol Solo - Yogyakarta - NYIA Kulonprogo tengah dibangun untuk meningkatkan konektivitas dan mengurai kemacetan di Jawa Tengah dan Yogyakarta. Pembangunan tol yang masuk Proyek Strategis Nasional ini ditargetkan selesai Desember 2023.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono, mengatakan pembangunan tol ini merupakan proyek super prioritas untuk meningkatkan konektivitas kawasan segitiga emas Jogja-Solo-Semarang atau Joglosemar. Pembangunan tol diharapkan dapat meningkatkan ekonomi regional Jawa Tengah dan Yogyakarta, mengingat Pulau Jawa merupakan pulau dengan kontribusi PDB terbesar di tanah air.

"Tol ini sangat ditunggu masyarakat karena lebih dari 25 ribu kendaraan lewat Solo-Jogja setiap harinya, sehingga sudah crowded, bahkan di periode tertentu sangat macet. Segera kita selesaikan supaya lalu lintasnya lebih lancar lagi," kata Basuki, dalam keterangan tertulis, Senin (27/2).

Jalan Tol Solo - Yogyakarta - NYIA Kulonprogo sepanjang 96,57 km terdiri dari 3 seksi. Seksi 1 terdiri dari paket 1.1 ruas Kartasura-Klaten sepanjang  22,3 km dan paket 1.2 ruas Klaten-Purwomartani 20,08 km.

Seksi 2 terdiri dari paket 2.1 ruas Purwomartani-Monjali 9,43 km, dan paket 2.2 ruas Monjali-Gamping 14 km. Sementara seksi 3 terdiri dari paket 3.1 ruas Gamping-Wates 17,45 km, dan  paket 3.2 ruas Wates-Purworejo 13,32 km.

Basuki mengatakan, saat ini tengah dilakukan pembebasan lahan dan pekerjaan konstruksi pada seksi 1.Pembebasan lahan sampai Klaten sudah 94,06%, akan diselesaikan pada akhir triwulan pertama 2023.

"Kalau tanahnya selesai, maka progres fisiknya insya allah Desember 2023 selesai," ujar Basuki.

Basuki mengatakan, seksi 1 tepatnya sekitar 6 km dari interchange Kartasura ke arah Klaten ditargetkan dapat fungsional sebagai jalur Lebaran 2023. Pembukaan jalan fungsional ini untuk memecah kemacetan yang sering terjadi di Kartasura selama Lebaran.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...