Kucurkan Rp 4 Triliun, KCI Pesan 16 Rangkaian KRL Baru dari INKA

Nadya Zahira
28 Februari 2023, 14:49
Sejumlah calon penumpang menunggu kedatangan KRL di Stasiun Manggarai, Jakarta, Senin (13/2/2023).
ANTARA FOTO/Fauzan/rwa.
Sejumlah calon penumpang menunggu kedatangan KRL di Stasiun Manggarai, Jakarta, Senin (13/2/2023).

PT KAI Commuter Indonesia atau KCI telah memesan 16 rangkaian Kereta Rel Listrik atau KRL baru pada PT INKA (Persero) dengan anggaran Rp 4 triliun. Namun demikian, KRL tersebut baru siap beroperasi pada 2025 hingga 2026.

VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba, mengatakan pemesanan KRL tersebut sesuai dengan Rencana Jangka Panjang Perusahaan atau RJPP. Pemesanan kereta baru bertujuan untuk meningkatkan kapasitas angkut penumpang, mengingat volumenya mulai melonjak setelah PPKM dicabut.

“Sebelum pandemi Covid-19 jumlah penumpang KRL sebanyak 1,2 juta orang dan saat ini sudah 830 ribu per hari. Kami memiliki prediksi tahun ini sudah normal lagi sehingga bisa mencapai 1 juta penumpang bahkan lebih,” ujar Anne kepada Awak media saat ditemui di Kantor KCI, Stasiun Juanda, Jakarta, Selasa (28/2).

Anne mengatakan, frekuensi perjalanan KRL akan meningkat seiring adanya upaya-upaya yang dilakukan oleh pemerintah dalam membangun infrastruktur seperti renovasi stasiun Manggarai. Jumlah penumpang diprediksi mencapai 2 juta orang per hari pada 2025.

29 KRL Pensiun

Di sisi lain, terdapat 29 KRL yang akan dikonservasi atau dipensiunkan hingga 2024. Secara rinci, sebanyak 10 KRL akan dikonservasi tahun ini, sementara 19 lainnya pada 2024.

Dia mengatakan, ada dua upaya yang menjadi pilihan perusahaan untuk mengantisipasi hal tersebut yaitu mengimpor KRL bekas dari Jepang atau mengupgrade teknologinya.

Anne mengatakan, KAI Commuter sudah membuka diskusi dengan produsen kereta baik dari INKA, Jepang, dan Spanyol mengenai opsi upgrade teknologi. Namun demikian, ternyata hal itu membutuhkan kajian selama satu hingga dua tahun.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...