Bulog Impor Daging Kerbau India 100 Ribu Ton, Tiba di RI Akhir Maret

Tia Dwitiani Komalasari
2 Maret 2023, 18:08
Warga berbelanja daging sapi di Pasar Al Mahirah, Desa Lampulo, Banda Aceh, Aceh, Jumat (8/7/2022).
ANTARA FOTO/Ampelsa.
Warga berbelanja daging sapi di Pasar Al Mahirah, Desa Lampulo, Banda Aceh, Aceh, Jumat (8/7/2022).

 

Perum Bulog impor daging kerbau dari India sebanyak 100 ribu ton untuk persiapan Ramadan dan Idul Fitri. Impor daging kerbau tersebut akan tiba di Indonesia pada pertengahan hingga akhir Maret.

Advertisement

“Ini sudah proses, Bulog sudah mengajukan Persetujuan Impor sehingga 2-3 minggu sudah sampai Indonesia,” kata  Deputi Bidang Ketersediaan dan Stabilisasi Pangan Bapanas I Gusti Ketut Astawa saat dikutip dari Antara, Kamis (3/2).

Ketut menuturkan impor daging kerbau tersebut bertujuan untuk memitigasi permintaan daging kerbau yang meningkat pada saat Ramadhan dan Idul Fitri. Importasi daging tersebut telah mendapat persetujuan dari Presiden Joko Widodo dalam rapat terbatas dengan jajarannya.

Pada Rakortas tersebut ditetapkan Bulog mendapat penugasan impor daging kerbau dan ID Food RNI mendapat penugasan impor daging sapi frozen masing-masing sebanyak 100 ribu ton.

Importasi daging kerbau tersebut tidak akan masuk secara langsung, melainkan bertahap. Namun Bapanas belum dapat memastikan kapan impor daging tersebut selesai. Yang pasti, pada Semester 2 2023, Bapanas akan mengevaluasi terkait penambahan daging impor jika memang masih dibutuhkan.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement