Harga Sejumlah Bahan Pokok Diprediksi Naik Imbas Curah Hujan Tinggi

Tia Dwitiani Komalasari
6 Maret 2023, 07:55
Petani memanen padi di persawahan yang terendam banjir di Desa Wates, Undaan, Kudus, Jawa Tengah, Jumat (3/3/2023).
ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho/rwa.
Petani memanen padi di persawahan yang terendam banjir di Desa Wates, Undaan, Kudus, Jawa Tengah, Jumat (3/3/2023).

Harga sejumlah bahan pokok diprediksi naik jelang Ramadan karena tingginya permintaan dan curah hujan yang tinggi. Namun demikian, Deputi Bidang Ketersediaan dan Stabilisasi Pangan Bapanas, I Gusti Ketut Astawa, memastikan bahwa stok bahan pokok tersebut cukup dan aman.

“Memang dengan curah hujan tinggi dengan segala macam, ada kecenderungan naik. Namun ketersediaan cukup dalam rangka bulan suci Ramadhan dan Idul Fitri,” kata Ketut seperti dikutip dari Antara, Senin (6/3).

Dia mengatakan, Bapanas terus berkoordinasi dengan kementerian terkit seperti Kementerian Pertanian, Kementerian Perdagangan dan Kementerian Dalam Negeri untuk memastikan stok dan harga bahan pokok stabil. Pemerintah juga sudah melakukan pemetaan harga bahan pokok yang mahal dan murah.

“Senin lalu kami diundang Menteri Dalam Negeri dalam rangka koordinasi dengan Pemda dan semua gubernur, walikota, bupati hadir. Kita sudah mitigasi mana yang mahal dan murah,” ucap dia.

Sementara itu, harga beras medium masih jauh di atas Harga Eceran Tertinggi atau HET. Ketua Umum Koperasi Pasar Beras Induk Cipinang, Zulkifli Rasyid, mengatakan harga beras medium tinggi di pasaran karena stoknya yang tipis.

Dia mengatakan, melonjaknya harga beras juga didukung oleh cuaca yang buruk, sehingga petani kesulitan untuk panen. Namun, untuk saat ini sudah terdapat beberapa petani yang mulai melakukan panen sehingga harga beras kemungkinan akan turun.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...