Habiskan Rp 288 M, Flyover Kopo Bandung Diresmikan Jokowi

Nadya Zahira
6 Maret 2023, 08:31
Jokowi Resmikan Flyover Kopo di Bandung, Minggu (5/3).
Kementerian PUPR
Jokowi Resmikan Flyover Kopo di Bandung, Minggu (5/3).

Presiden Joko Widodo atau Jokowi bersama Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR Basuki Hadimuljono meresmikan Flyover Kopo di Jalan Raya Soekarno-Hatta, Kota Bandung. Adanya flyover ini sebagai upaya mengurai kemacetan arus kendaraan yang kerap terjadi di persimpangan Kopo, Cibaduyut dan Pasir Koja di Kota Bandung. 

Peresmian ditandai dengan penekanan tombol sirine dan penandatanganan prasasti oleh Presiden Jokowi di Kolam Retensi Andir, Kabupaten Bandung, Minggu (5/3/2023). 

"Untuk mengurai kemacetan dan memperlancar lalu lintas di Kota Bandung kita sudah bangun Flyover Kopo dengan biaya Rp 288 miliar," ujar Presiden Jokowi, dalam keterangan resminya, Senin (6/3).

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, Flyover Kopo membentang di Jalan Soekarno-Hatta sepanjang 1,3 km di daerah Kopo yang merupakan jalur utama bagi para komuter untuk wilayah Cimahi-Bandung serta penghubung Kota Bandung dan Kabupaten Bandung. 

"Jembatan layang ini mulai dibangun pada November 2021 dan telah selesai September 2022. Flyover Kopo telah dibuka untuk umum pada Sabtu, 1 Oktober 2022 silam," ujar Basuki.

Basuki mengatakan, pembangunan infrastruktur jembatan, flyover dan underpass akan memperlancar konektivitas dan aksesibilitas lalu lintas, di samping memberikan alternatif bagi warga untuk meningkatkan produktivitas perekonomian kota dan kawasan.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...