Jadwal Kereta Panoramic Maret 2023, Okupansi Februari Capai 117%

Tia Dwitiani Komalasari
6 Maret 2023, 15:18
Selama 12 hari dioperasikan yakni 24 Desember 2022 s.d 4 Januari 2023, PT Kereta Api Indonesia (KAI) melayani 1.613 pelanggan Kereta Panoramic. Kereta Panoramic merupakan kereta dengan spesifikasi khusus untuk menikmati panorama di sepanjang perjalanan.
PT KAI
Selama 12 hari dioperasikan yakni 24 Desember 2022 s.d 4 Januari 2023, PT Kereta Api Indonesia (KAI) melayani 1.613 pelanggan Kereta Panoramic. Kereta Panoramic merupakan kereta dengan spesifikasi khusus untuk menikmati panorama di sepanjang perjalanan.

PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI melalui anak perusahaannya yakni KAI Wisata mencatat okupansi Kereta Panoramic selama Februari 2023 ini mencapai 117 persen. Tercatat 711 pelanggan menaiki Kereta Panoramic selama Februari 2023.

“Terima kasih atas animo para pelanggan yang luar biasa terhadap hadirnya Kereta Panoramic pertama di Indonesia ini. Kepercayaan ini akan kami jadikan pelecut untuk semakin meningkatkan layanan bagi para pelanggan,” kata VP Public Relations KAI Joni Martinus, di Jakarta, Senin (6/3).

Joni mengatakan Kereta Panoramic melayani pelanggan dengan okupansi yang selalu penuh selama Februari 2023. Tercatat okupansi Kereta Panoramic pada periode tersebut terdiri dari 405 pelanggan KA Argo Wilis Panoramic relasi Bandung-Surabaya Gubeng PP, dan 306 pelanggan KA Argo Parahyangan Panoramic relasi Gambir-Bandung PP.

“Diharapkan dengan semakin meningkatnya animo masyarakat terhadap Kereta Panoramic dapat menumbuhkan pariwisata di Indonesia melalui perkeretaapian,” kata Joni.

Jadwal Maret 2023

Adapun jadwal Kereta Panoramic pada bulan Maret 2023, yaitu KA Argo Parahyangan Panoramic keberangkatan Gambir pukul 04.55 WIB dan tiba di Bandung pukul 07.52 WIB setiap Jumat. Sementara Panoramic KA Argo Wilis Panoramic keberangkatan Bandung pukul 08.15 WIB dan tiba di Surabaya Gubeng pukul 18.10 WIB yang berjalan setiap Jumat.

Advertisement

Kemudian KA Argo Wilis Panoramic keberangkatan Surabaya Gubeng pukul 07.30 WIB dan tiba di Bandung pukul 17.25 WIB yang berjalan di Hari Minggu. Sementara KA Argo Parahyangan Panoramic keberangkatan Bandung pukul 18.15 WIB dan tiba di Gambir pukul 21.19WIB yang berjalan di hari Minggu.

Kereta Panoramic merupakan inovasi dari Balai Yasa KAI Surabaya Gubeng. Ini merupakan kereta pertama di Indonesia yang memiliki spesifikasi khusus untuk menikmati panorama.

Saat ini, terdapat dua unit Kereta Panoramic dengan kapasitas per kereta yaitu 38 tempat duduk. Fasilitas-fasilitas yang didapat pelanggan Kereta Panoramic salah satunya adalah jendela berdimensi sangat besar di kedua sisinya, serta atap kaca memanjang dari depan hingga belakang yang dapat dibuka tutup secara otomatis. Hal ini memberikan pengalaman perjalanan yang menarik dan berkesan.

"Penumpang juga tidak perlu ragu untuk naik Kereta Panoramic, karena kaca Kereta Panoramic didesain khusus untuk tahan pecahan dan panas. Kaca Kereta Panoramic menggunakan tipe duplex tempered," kata Joni.

Joni mengatakan, kaca tersebut tidak mudah berlubang sehingga tidak membahayakan penumpang jika terkena benda asing. Jika kaca mengalami tekanan kuat, bentuknya hanya berupa retakan, sehingga aman bagi penumpang.

Pola perjalanan Kereta Panoramic sama dengan Kereta Wisata lainnya dimana terdapat 2 pola perjalanan, yaitu pola FIT (perorangan) dan pola charter atau sewa.

Untuk membeli tiket perorangan, masyarakat dapat membeli melalui aplikasi KAI Access, website KAI dan seluruh channel penjualan resmi KAI lainnya. Harga tiket Kereta Panoramic tujuan Jakarta-Bandung dibanderol seharga Rp350 ribu, sedangkan rute Bandung-Surabaya sebesar Rp1,12 juta.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement