Ada Subsidi Rp 7 Juta, Penjualan Motor Listrik Ditargetkan 2 Juta Unit

Nadya Zahira
8 Maret 2023, 18:03
Pekerja memeriksa motor listrik di sebuah dealer motor listrik di Jakarta, Senin (6/3/2023).
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/rwa.
Pekerja memeriksa motor listrik di sebuah dealer motor listrik di Jakarta, Senin (6/3/2023).

Asosiasi Industri Sepeda Motor Listrik Indonesia atau Aismoli berharap penjualan motor listrik terdongkrak dengan adanya subsidi Rp 7 juta yang akan digelontorkan pemerintah. Penjualan motor ditargetkan capai 2 juta unit hingga 2024.

Sekretaris Jenderal Aismoli Hanggoro Ananta Khrisna mengatakan adanya subsidi tersebut juga diharapkan dapat mendorong produsen motor listrik Indonesia untuk meningkatkan Tingkat Kandungan Komponen Dalam negeri atau TKDN hingga 40%. Pasalnya, salah satu syarat memberikan subsidi pada produsen motor listrik yaitu  minimal TKDN mencapai 40%.

"Untuk produsen lain yang belum mencapai TKDN 40%, Aismoli akan mendorong terus pabrikan agar bisa mencapai hal ini, sehingga bisa mendapatkan subsidi yang disalurkan pemerintah sesuai dengan Peraturan Presiden Republik Indonesia No. 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai untuk Transportasi Jalan," ujar Hanggoro, melalui siaran pers, Rabu (8/3).

Hanggoro mengatakan, Aismoli akan terus mendukung dan mensukseskan program pemerintah dengan membantu meningkatkan TKDN produk motor listrik  hingga mencapai 60% pada 2024.

"TKDN selanjutkan 80%, kita mendukung dan bekerja keras untuk mencapai TKDN yang ditentukan pemerintah" ujarnya.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...