Jelang Ramadan, Minyakita Masih Langka di Pasar Tradisional

Nadya Zahira
10 Maret 2023, 17:51
Pekerja menata minyak goreng "Minyakita" di atas gerobak di Pasar Kliwon, Temanggung, Jawa Tengah, Senin (20/2/2023).
ANTARA FOTO/Anis Efizudin/rwa.
Pekerja menata minyak goreng "Minyakita" di atas gerobak di Pasar Kliwon, Temanggung, Jawa Tengah, Senin (20/2/2023).

Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia atau APPSI mengeluhkan stok Minyakita yang masih langka di sejumlah pasar tradisional. Padahal, permintaan mulai meningkat karena menjelang bulan Ramadan.

Ketua Bidang Jaringan APSSI, Don Muzakir mengatakan, pedagang tidak bisa memenuhi permintaan konsumen karena sulit mendapatkan stok Minyakita.

Advertisement

"Temen-temen di daerah sudah komunikasi, pasar-pasar sedang mengalami kelangkaan minyak goreng merek Minyakita," ujar Don saat dihubungi, Katadata.co.id, Jumat (10/3).

Don menuturkan, kelangkaan Minyakita karena pembeliannya dibatasi distributor. Dia mendapatkan laporan dari pedagang grosiran di Cipanas, bahwa mereka hanya boleh membeli 200 dus per minggu. Sedangkan pedagang pasar tradisional dibatasi 3 dus per minggu. 

"Jadi Minyakita itu masih langka juga dipasaran, tapi harganya dari laporan temen-temen stabil. Kelangkaan barang saja yang mengkhawatirkan," ujarnya.

Bahkan terdapat beberapa pedagang yang sudah absen menjual Minyakita lantaran tidak mendapatkan stok dari produsen atau agen minyak goreng.

Harga Bahan Pokok Melambung

Sementara itu harga bahan pokok lainnya pun melambung jelang Ramadan. Berdasarkan data Pusat Informasi Harga Pangan Nasional yang dikeluarkan Bank Indonesia, rata-rata nasional harga cabai rawit merah mencapai Rp 68.650 per kilogram (kg) pada Jumat (10/3). Angka tersebut naik dibandingkan pada awal Februari yang hanya mencapai Rp 54.800 per kg.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement